Tingkatkan Keamanan Lingkungan, Cimsel Terapkan Monitoring Siskamling

Tingkatkan Keamanan Lingkungan, Cimsel Terapkan Monitoring Siskamling
INILAH, Cimahi - Sebagai upaya peningkatan keamanan di lingkungan masyarakat, Kecamatan Cimahi Selatan menerapkan sistem Monitoring Siskamling di tiap rukun warga (RW). 
 
Camat Cimahi Selatan Tuti Hestiantina mengatakan, upaya tersebut terpaksa diterapkan lantaran wilayahnya merupakan daerah rawan tindak kriminal dan memiliki tingkat kepadatan penduduk yang tinggi.
 
"Monitoring Siskamling ini jadi program utama di Kecamatan Cimahi Selatan sebagai langkah mengantisipasi potensi kerawanan pada tindak kriminal," katanya, Selasa (26/3/2019).
 
Monitoring Siskamling di Kecamatan Cimahi Selatan sudah diterapkan sejak awal 2019. Saat ini, penerapannya diprioritaskan pada RW di kelurahan yang tingkat kerawanannya tinggi, baik aksi kriminalitas ataupun kerusuhan antar-kelompok warga.
 
"Belum semua RW di tiap kelurahan, baru diprioritaskan ke beberapa kelurahan saja, seperti Melong, Leuwigajah, Cibeber," ujarnya.
 
Sistem pelaporannya dilakukan oleh ketua RT dan ketua RW melalui kelurahan, lalu dilanjutkan ke kecamatan. Setelah diterima, lalu akan dilakukan monitoring dan evaluasi tingkat keamanan dan kerawanannya.
 
Yakni, dengan mengundang sebulan dua kali pengurus RT dan RW, lalu mereka memaparkan hasil laporan kegiatan monitoring siskamlingnya. Pihaknya juga langsung laporkan ke Polsek dan Koramil.
 
Monitoring Siskamling juga diterapkan untuk mengawasi keluar masuknya warga pendatang yang mayoritas berdomisili di kawasan Kelurahan Melong dan Kelurahan Utama.
 
"Menjelang Pemilu 2019 ini juga semakin digiatkan dan diintensifkan. Kalau ada warga pendatang yang tidak lapor aparat RT dan RW, maka akan kita periksa izin tinggalnya, jangan sampai ada yang ilegal," tegasnya.
 
Sementara, hasil mapping Polsek Cimahi Selatan menunjukkan ada dua kawasan yang menjadi prioritas pengamanan pihaknya yakni Kelurahan Melong dan Cibeureum. 
 
Monitoring Siskamling yang digalakkan kecamatan akan sangat membantu efektivitas pengawasan lingkungan.
 
"Melong dan Cibeureum itu rawan potensi curanmor, curas, dan curat atau C3. Karena akses jalannya banyak, dan berbatasan langsung dengan Kabupaten Bandung dan Kota Bandung. Monitoring Siskamling ini sangat perlu dilakukan," kata Kapolsek Cimahi Selatan AKP Sutarman.

Loading...