Pemkab Purwakarta akan Tambah 10 Unit Bus Sekolah

Pemkab Purwakarta akan Tambah 10 Unit Bus Sekolah
Bupati Purwakarta Anne Ratna Mustika
INILAH, Purwakarta- Pemkab Purwakarta mengklaim keberadaan bus sekolah sejauh ini menjadi solusi guna meminimalisasi pelajar/anak di bawah umur membawa kendaraan ke sekolah. Kendati, saat ini jumlahnya belum bisa dikatakan ideal. 
 
Bupati Purwakarta, Anne Ratna Mustika mengaku, memang sudah menjadi komitmennya dari awal bagaimana supaya para pelajar ini tak membawa kendaraan bermotor ke sekolah. 
 
Salah satu upayanya, yakni dengan dengan menyediakan armada khusus untuk antar jemput para pelajar ini dari rumah ke sekolah. Sampai saat ini, sudah ada lima unit kendaraan jenis microbus tersebut. Kedepa, jumlahnya akan ditambah. 
 
"Armada ini memang perlu. Ini juga menjadi visi-misi saya, bagaimana supaya anak-anak tak lagi bawa motor ke sekolah. Kedepan, minimalnya saya akan tambah lagi 10 unit bus sekolah ini," ujar Anne kepada INILAH, Rabu (27/3/2019).
 
Anne menjelaskan, pengadaan bus sekolah ini sepertinya akan terealisasi tahun depan. Kedepan, bisa jadi setiap kecamatan memiliki satu atau dua unit bis sekolah. Tergantung dari kebutuhannya. 
 
Sementara itu, beberapa waktu lalu Kepala Dinas Pendidikan Purwakarta, Purwanto juga menjelaskan, jika sejak beberapa tahun ini pemerintah menyediakan alat transportasi khusus untuk anak sekolah. Namun, armada tersebut baru disebar ke wilayah yang belum terakses kendaraan umum. 
 
"Untuk sementara, baru melayani pelajar di wilayah-wilayah yang tak ada kendaraan umumnya," ujar Purwanto.
 
Adapun wilayah yang baru terlayani bus sekolah ini, kata dia, di antaranya Kecamatan Sukasari dan Maniis. Mengingat, selain tak ada kendaraan umum, di wilayah itu jarak sekolah dengan rumah warga terbilang cukup jauh. 
 
Armada sekolah itu, kata dia, bisa digunakan untuk semua kalangan pelajar. Terutama, anak-anak SMP dan SMA/sederajat. Dia berharap, dengan adanya bus sekolah ini, tak ada lagi alasan bagi para pelajar untuk membawa kendaraan ke sekolah. (Asep Mulyana)