Yuk Laporkan ASN yang Ikut-ikutan Kampanye

Yuk Laporkan ASN yang Ikut-ikutan Kampanye
Koordinator Lapangan Forum Netralitas ASN Jabar, Rena
INILAH, Bandung - Forum Netralitas ASN Jawa Barat menggelar edukasi dan sosialiasi kode perilaku netral ASN pada Pemilu dan cara publik melakukan pemantauan di Car Free Day Dago, Jalan Ir H Djuanda, Kota Bandung, Minggu (31/3/2019).
 
Koordinator Lapangan, Rena mengatakan dalam menyambut pesta demokrasi 2019, ASN diharapkan mengingat Kode Etik dan Kode Perilaku. Hal itu mengikat mereka untuk menahan diri tidak mengungkapkan sikap keberpihakan secara terbuka baik online maupun offline.
 
"ASN harus aktif menjaga jarak yang sama terhadap semua peserta pemilu, baik Pilpres maupun Pileg DPR RI, DPD RI, DPRD Prov & DPRD Kab/Kota," katanya.
 
Menurut Rena, saat ini banyak ASN yang terlibat dalam kampanye atau menghadiri deklarasi dukungan salah satu calon yang sebetulnya itu dilarang.
 
"Kami berharap Pemilu kali ini bisa bersih, dan lebih baik dari pemilu sebelumnya, yang harus jadi perhatian teman-teman pns sekarang banyak yang turut hadir dalam dukungan dan deklarasi salah satu calon," ucapnya.
 
Selain itu, di beberapa kantor kelurahan atau desa juga terpasang alat peraga kampanye, hal tersebut juga dilarang, pihaknya akan terus mensosialisasikan apa saja yang dilarang saat mendekati pelaksanaan Pemilu.
 
"Karena kami baru terbentuk awal maret, kita terus sosialisasikan hal ini dengan harapan kami bisa membantu mengingatkan teman-teman pns untuk bersikap netral, bukan untuk mencari-cari kesalahan orang lain," ungkapnya.
 
Sementara itu, Forum Netralitas ASN Jawa Barat hingga saat ini telah menemukan beberapa pelanggaran yang dilaporkan ke Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN), dengan beberapa bukti termasuk Nomor Induk Pegawai.
 
"Saat ini belum ada tanggapan, namun saat kami audiensi dengan KASN, mereka tak bisa langsung menanggapi, karena mereka terima laporan dari seluruh Indonesia, harapan kami dalam minggu ini ada notif diterima dan akan ada tindaklanjutnya," ucap Rena.
 
Rena menambahkan masyarakat yang melihat pelanggaran pada ASN yang melakukan pelanggaran juga bisa melaporkannya sendiri ke www.lapor.go.id dan www.kasn.go.id.
 
"Siapapun yang melihat pelanggaran bisa langsung laporkan ke website untuk aduan, tapi harus pastikan bahwa memang ASN, jangan lapor sekedar lapor, perlu juga bukti seperti NIP nya. Kami juga saat ini masih menunggu teman-teman ASN untuk mensosialisasikan hal ini," pungkasnya.