KPU Garut Temukan Belasan Kotak Suara Pemilu Rusak

KPU Garut Temukan Belasan Kotak Suara Pemilu Rusak
INILAH, Garut - Selain terus melakukan penyortiran dan pelipatan surat suara, KPU Garut juga sejak Kamis (28/3/2019) sibuk melakukan perakitan dan pengepakan tumpukan kotak suara yang sudah diterima.
 
Berbeda dengan surat suara Pemilu 2019 yang disortir dan dilipat di gedung Banyoe Sinergi Mandala Copong Jalan Jenderal Sudirman Garut Kota, pelaksanaan perakitan kotak suara dilakukan di Gedung Sarana Olahraga Beladiri Ciateul Jalan Merdeka Tarogong Kidul.
 
Ketua KPU Garut Junaidin Basri mengatakan, untuk sementara pengepakan kotak suara hingga Minggu (31/3/2019) didapati kotak suara berkondisi baik mencapai sebanyak 13.862 buah. Sedangkan, sebanyak 16 buah kotak suara dalam keadaan rusak. 
 
Sebelumnya, KPU terus melakukan penyortiran, dan pelipatan surat suara Pemilu 2019 terdiri atas surat suara untuk Pemilihan Calon Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) RI, Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI, Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jawa Barat, dan DRPD Kabupaten Garut.
 
Sedangkan, surat suara untuk pemilihan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI baru diterima KPU Garut pada Jumat (29/3/2019). Rencananya, penyortiran dan pelipatan surat suara untuk Pemilihan Presiden tersebut mulai dilakukan pada Selasa (2/4/2019).
 
"Sejak 29 Maret, surat suara Pilpres sudah tiba di gudang KPU Garut. Nanti disortir dan dilipat mulai 2 April," ujar Junaidin.
 
Kendati kedatangan surat suara untuk Pilpres molor dari perhitungan semula, dia yakin penyortiran, dan pelipatan surat suara tersebut dapat dilakukan secepatnya. Sehingga dengan surat suara lainnya dapat segera didistribusikan ke setiap PPK/PPS/TPS sebagaimana mestinya.