• Headline

    Pedagang Buah di Bojongsoang "Marema"

    Oleh : Rd Dani Rahmat Nugraha20 Mei 2018 16:07
    INILAH, Bandung- Bulan Ramadan membawa berkah bagi semua orang, termasuk sangat dirasakan oleh para pedagang buah buahan di Kabupaten Bandung. Para pedagang mengaku mendapatkan keuntungan hingga dua kali lipat.

    Seperti yang terlihat di Jalan Raya Baleendah-Bojongsoang, terdapat belasan lapak pedagang buah "emperan" disepanjang jalan itu.

    Mereka mendirikan kios kayu sederhana beratap terpal. Selain mendirikan kios kayu, sebagian pedagang juga ada yang berdagang dengan menggunakan mobil bak terbuka.

    Rata rata para pedagang buah ini menjajakan buah buahan segar, baik itu lokal maupun impor. Buah buahan seperti semangka, buah naga, jeruk, nanas, apel, pear, pisang, melon dan lainnya.

    Biasanya mereka berbelanja buah untuk dijual kembali dari Pasar Induk Caringin dan Pasar Induk Gede Bage Kota Bandung. Namun tak jarang mereka juga mendapatkan pasokan buah langsung dari para petani di Kabupaten Bandung, seperti komoditas jambu biji yang banyak dibudidayakan oleh petani setempat.

    "Alhamdullilah berkah bulan Ramadan, dagangan kami laris manis "marema". Kalau dibanding hari biasa yah omzetnya naik dua kali lipat, walaupun cuma dagang pinggir jalan Insa Allah kami menjual buah yang segar dan berkualitas, jadi banyak pembelinya,"kata Edi (45) salah seorang pedagang, Minggu (20/5/18).

    Edi mengatakan, berkah datangnya bulan Ramadan dirasakan oleh penjual buah yang kerap berjualan di jalan tersebut.

    Kata dia, jika hari biasa bisa mendapatkan keuntungan Rp 500 ribu, di bulan puasa seperti saat ini ia dapat meraup untung Rp 1 juta, bahkan lebih.

    "Sekitar satu juta ada lah. Tapi ya namanya berdagang bisa lebih bisa kurang. Pedagang lain juga sama Alhamdulilah mereka dagangannya sama sama laris," ujarnya.

    Di kios miliknya, Edi menjual macam-macam buah-buahan. "Melon Rp 10 ribu per kilo, semangka Rp 9 ribu, pepaya Rp 7 ribu, mangga kaweni Rp 10 ribu dan timun suri Rp 8 ribu," katanya.

    Tia (23) salah seorang pembeli mengatakan, ia membeli buah melon dan semangka. Menurutnya, melon dan semangka merupakan buah favoritnya saat berbuka puasa.

    "Buahnya buat buka puasa, emang suka beli melon dan semangka, biar segar. Dimakan juga setelah makan sahur juga, supaya menambah cairan dalam tubuh. Supaya walaupun siang hari kita puasa tapi tubuh tetap segar dan kuat," katanya.

    TAG :


    Berita TERKAIT