• PPK Kab Bandung Keluhkan Honor Telat

    Oleh : Rd Dani Rahmat Nugraha22 Mei 2018 18:53
    INILAH, Bandung- Anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) di beberapa kecamatan di Kabupaten Bandung, mengeluhkan keterlambatan pembayaran honor bulanan.

    Biasanya, honor bulanan dibayarkan oleh BPR Kertaraharja Kabupaten Bandung setiap tanggal 2, namun beberapa bulan ini molor hingga tanggal 17 lebih.

    "Pada saat awal pelaksanaan tidak pernah terlambat, biasanya dibayarkan tiap tanggal 2. Tapi belakangan ini kok molor sampai tanggal 17 an kesana. Yah kecurigaan kami ada dugaan diendapkan dulu dengan tujuan rente bunga bank," kata salah seorang anggota PPK di salah satu kecamatan di Kabupaten Bandung yang tak mau disebutkan namanya, Selasa (22/5/18).

    Keterlambatan ini, kata dia, tentunya sangat merugikan. Karena sangat diperlukan untuk biaya rumah tangga dan juga operasional pekerjaan mereka sehari hari. Apalagi saat ini sedang bulan puasa dan menghadapi lebaran.

    "Untuk kami honor segitu juga sangat berarti. Yah kalau bisa jangan sampai terlambat lagi lah, apalagi sebentar lagi mau lebaran,"ujarnya.

    Kepala Divisi Operasional BPR Kerta Raharja Kabupaten Bandung, Beni Subarsyah mengatakan, sebagai bank penyalur honor bagi PPPK dan PPS di Kabupaten Bandung yang jumlahnya kurang lebih 6000 orang, sama sekali tidak pernah melakukan keterlambatan pembayaran. Karena, pihaknya tidak berurusan dengan soal teknis.

    "Sesuai dengan MoU antara kami dengan KPU Kab Bandung, BPR hanya bertugas menyalurkan honor sesuai dengan laporan atau permintaan pembayaran dari KPU. Nah kalau terlambat penyalurannya, itu biasanya karena dari PPS dan PPK nya terlambat menyerahkan laporan ke KPU,"kata Beni.

    Kata dia, jika permintaan penyaluran dana honor dari KPU telah diterima pihaknya, tentu saja langsung diproses hari itu juga dan disalurkan ke rekening masing masing.

    "Kalau sudah ada permintaan dari KPU dan BTN telah menyalurkan dananya pada kami. Hari itu juga langsung kami salurkan ke rekening masing masing, pokoknya hari itu juga harus selesai. Karena memang kalau tidak, kami juga jadi temuan oleh BPK,"ujarnya.



    TAG :


    Berita TERKAIT