• Headline

    Ini yang Harus Dilakukan Sebelum Mudik

    Oleh : Okky Adiana14 Juni 2018 13:59
    INILAH, Bandung - Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (Diskar PB) Kota Bandung, Ferdi Ligaswara mengimbau kepada masyarakat yang akan mudik lebaran dan meninggalkan rumahnya cukup lama, agar memastikan kondisi rumahnya tetap aman.

    Hal ini karena banyaknya potensi yang dapat menyebabkan terjadinya kebakaran, salah satunya kecerobohan dan apabila itu terjadi, maka hanya dalam hitungan detik segala harta benda yang dimiliki dapat lenyap seketika.

    Tidak hanya itu, para pemudik yang memiliki binatang peliharaan, kata Ferdi, sebaiknya dititipkan di tempat penitipan hewan terpercaya, karena dikhawatirkan berkeliaran dan memicu terjadi sesuatu karena ditinggal mudik.

    "Oleh dari itu, saya meminta sebelum mudik, pemilik rumah dapat memastikan kondisi rumahnya aman, seperti mengontrol seluruh instalasi listrik, pastikan sekring, saklar, konekting elektronik yang masih on dalam keadaan bertumpuk dapat dicabut karena berpotensi terjadinya konsleting listrik. Termasuk juga mengecek kompor dalam keadaan mati, bahkan bila diperlukan lepaskan regulator yang masih terpasang," paparnya.

    Ferdi menambahkan, selain itu dirinya juga meminta agar pemudik dapat menyerahkan nomor telepon pribadi yang dapat dihubungi kepada tetangga ketua RT, RW, atau pihak keamanan yang tidak melakukan mudik.

    Hal ini dilakukan apabila terjadi kondisi darurat terhadap barang-barang juga rumah yang ditinggalkan pemilik dapat mudah dihubungi oleh petugas. Termasuk menyediakan alat pemadam api ringan (APAR) dan berbagai peralatan pencegah kebakaran lainnya di setiap rumah atau lingkungan wilayah setempat.

    Sebagai langkah antisipasi lainnya, kata Ferdi, sebaiknya para pemudik senantiasa meninggalkan rumah dengan keadaan menyalakan lampu di beberapa titik dalam rumah menggunakan watt rendah, dan di bagian luar gunakan lampu otomatis yang dapat menyala saat malam.

    "Dari beberapa kali kejadian kebakaran atau musibah lainnya, seringkali pemilik rumah susah dihubungi oleh warga sekitar karena tidak tahu, padahal telah terjadi sesuatu," ujar dia.

    Selama arus mudik dan balik idulfitri 1439 H ini, pihaknya telah menyiagakan seluruh personel dan sarana prasarana guna senantiasa memastikan kondisi aman saat ditinggal pemudik, termasuk mengantisipasi segala kemungkinan hal yang tidak diinginkan terjadi, salah satunya kebakaran.

    "Bagi kami, seluruh personel tidak ada istilah cuti bersama, tapi yang ada adalah jaga bersama, maka dari itu kami menyiapkan 120 orang personel relawan Damkar PB Kota Bandung untuk memastikan kota ini aman dari segala musibah saat ditinggal mudik. Lainnya, untuk emergency call di 022-113 atau line telepon di 022-7207113," pungkasnya.


    TAG :


    Berita TERKAIT