• Headline

    Sambut Obor Asian Games 2018, Pemkot Bandung Siapkan Karnaval Besar

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri13 Juli 2018 20:28

    INILAH, Bandung " Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung sedang mempersiapkan karnaval untuk menyambut pawai Obor Asian Games 2018. Rencananya, obor akan singgah ke Ibu Kota Provinsi Jawa Barat ini pada 11 dan 12 Agustus mendatang.

    Namun, Emil, panggilannya, harus berkoordinasi terlebih dahulu dengan pihak Panitia Penyelenggara Asian Games 2018 (INASGOC) perihal penyambutan obor dengan karnaval besar-besaran. Sebab, rencananya dia menginginkan pawai Obor Asian Games di dibuatkan karnaval semacam Asia Afrika 2015 silam.

    “11 agustus Bandung mendapatkan kehormatan akan dilewati obor Asian Games sehingga karena ini acara langka karena tahun terakhir kan tahun 1960an ya kami ingin membuat karnaval lah kira kira begitu tapi itu harus diizinkan terlebih dahulu oleh pihak panitia pusat,” kata Emil di Pendopo Kota Bandung, Jumat (13/7).

    Emil mengungkapkan bahwa obor akan tiba di Kota Bandung melalui Pasteur. Rencananya dia akan membawa Obor Asian Games 2018 untuk singgah terlebih dahulu ke Pendopo Kota Bandung, sebelum akhirnya menuju Gedung Sate.

    “Kami akan menerima si obor itu dari Pasteur kemudian naik dulu mobil aleut-aleutan nanti diiringi oleh semua bandros yang berwarna warni itu obor itu sampai di Pendopo. Dari pendopo istirahat sebentar dimulailah perjalanan obor ke Gedung Sate,” ucapnya.

    Perjalanan dari Pendopo Kota Bandung di Jalan Dalem Kaum tersebut yang akan dirancang Emil untuk dibuatkan karnaval besar. Oleh karenanya dia ingin pawai menuju Gedung Sate di Jalan Dipenogoro pun dilakukan dengan berjalan kaki.

    “Nah kami mengusulkan perjalannya jangan lari tapi jalan kaki sehingga kalau jalan kaki nanti di belakang obor kami siapkan seperti asia afrika ada pasukan drum band ada pasukan kavaleri, paskibra ikut jadi rame dengan lain lain,” jelasnya.

    Kemudian Emil bakal mempersiapkan lima titik mural di sepanjang jalan yang akan dilewati oleh Pawai Obor Asian games 2018. Dia juga akan ikut bersama rombongan pawai untuk menyerahkan obor kepada Penjabar Gubernur Jawa Barat, Mochammad Iriawan.

    “Nah nanti disambut oleh Pj Gubernur, Pak Iriawan dan saya sendiri mungkin ikut lari di etape terakhir sebelum masuk ke Gedung Sate nanti menyerahkan ke Pak Iriawan. Nanti pa iriawan menerima dan mungkin ikut berlari keesokan harinya untuk melepas ke Garut,” dia menegaskan.

    Nantinya, dalam pasukan inti pembawa Obor Asian Games 2018 tersebut Emil akan didampingi oleh empat orang legenda hidup di bidang olahraga yang berasal dari Bandung. Dua diantaranya adalah mantan pesepakbola, Djadjang Nurdjaman dan eks bintang bulutangkis Ricky Subagja.

    “Pasukan utama itu hanya 5 orang, itu terdiri dari pimpinan dan legend. Kalau saya satu berati empatnya kita cari definisi legend olahraga siapa. Kita sudah hubungi Djajang Nurjaman udah mau ya, terus Ricky Subagdja, juara-juara dunia dulu lah didahulukan yang warga Bandung,” ungkapnya.

    Sekalipun tidak ada venue Asian Games 2018 yang terletak di Kota Bandung, namun Emil menyatakan bahwa Stadion Galora Bandung Lautan Api (GBLA) dipersilahkan dipakai untuk menggelar latihan bagi atlet Indonesia.

    Emil pun akan mengadakan rapat lanjutan khusus membahas penyambutan pawai Obor Asian Games 2018 nanti. Dia juga masih mempertimbangkan apakah akan diperluas ke sektor lain untuk ikut memeriahkan pesta olahraga se-Asia tersebut.

    “Untuk rapat keduanya nanti kita lihat Asian Games ini mau dibikin sedemam apa, kalau ternyata demambya dibawa ke diskon atau restoran atau apa nanti kita lihat lah, misalkan ya nanti kita cari gimmicknya. Intinya Bandung sangat mendukung dan ingin meramaikan pesta negara ini dengan sumbangan kemeriahan,” pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT