• Beberes Bandung Jadi Tradisi

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri12 Agustus 2018 10:27
    INILAH, Bandung - Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil memimpin langsung Beberes Bandung hari kedua pada Minggu (12/8). Dia berharap agar kegiatan membersihkan daerah ini bisa menjadi tradisi masyarakat.

    Emil, panggilannya, menyatakan Beberes Bandung sengaja dilakukan guna menyambut Hari Kemerdekaan Indonesia, gelaran Asian Games 2018, dan sekaligus menjelang hari jadi Kota Bandung.

    Acara serupa juga pernah dilaksanakan sebelum perhelatan dalam rangka menyambut Asian Games, HUT Konferensi Asia Afrika (KAA) pada 2015 silam.

    "Tujuan Beberes Bandung ini untuk mempercantik kota dalam menyambut Asian Games, HUT RI, dan bulan depan HUT Kota Bandung. Sehingga, saat pelaksanaan pesta olah raga se-Asia nanti Kota Bandung sudah cantik, infrastruktur baik dan siap menyambut kedatangan para tamu negara yang akan berlomba," kata Emil di sela-sela kegiatan beberes di Jalan Braga, Minggu (12/8).

    Dipaparkan Emil kegiatan Beberes Bandung tidak hanya dilakukan di sekitaran pusat kota saja. Namun secara serentak juga dilaksanakan hingga di semua penjuru kota di 30 kecamatan.

    "Kebetulan, wali kotanya membersihkan jalan yang ada di pusat kota di kawasan Jalan Asia Afrika dan Braga. Nanti camatnya juga mimpin di masing-masing wilayah," ujarnya.

    Emil mengklaim sedikitnya 13 ribu relawan ikut terjun membersihkan jalan, trotoar dan area sekitarnya. Jumlah tersebut terus bertambah seiring keterlibatan aparat kewilayahan, TNI, Polri dan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) yang ikut terjun langsung dalam Beberes Bandung.

    Diharapkan Emil kegiatan Beberes Bandung ini menjadi sebuah tradisi, namun jangan hanya dilakukan sebagai simbol saja. Rencananya, dia juga akan membawa kegiatan ini ke tingkat Jawa Barat saat sudah dilantik jadi gubernur nantinya.

    "Ini akan menjadi agenda rutin dan tidak akan susah untuk gotong royong seperti ini. Warga Bandung sudah terbukti, ini bentuk cinta warga kepada kotanya," pungkasnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT