• Headline

    Medium Tank Pindad Selesaikan Uji Mobilitas

    Oleh : Doni Ramdhani16 Agustus 2018 14:42
    INILAH, Bandung - Usai menjalani serangkaian uji mobilitas pada 7-16 Agustus, produk medium tank buatan Pindad kembali ke pabrik.

    Pulangnya prototipe medium tank itu disambut meriah jajaran karyawan dan pimpinan Pindad di Jalan Terusan Gatot Subroto, Kota Bandung, Kamis (16/8/2018).

    Dirut Pindad Abraham Mose mengatakan, pihaknya telah menyelesaikan proses pengembangan produk yang belum diproduksi massal ini. Tahapan itu mulai dari proses desain, sampai dengan prototyping yang dibangun di Indonesia oleh anak bangsa.

    "Kehadiran medium tank ini merupakan bukti kemampuan industri pertahanan dalam negeri untuk menghasilkan produk inovatif berteknologi tinggi dalam mendukung kemandirian alutsista menjaga kedaulatan NKRI," kata Abraham.

    Menurutnya, uji daya gerak ini bertujuan untuk mengetahui performa mobilitas kemampuan tank. Diharapkan, medium tank itu dalam kondisi baik dan memenuhi persyaratan dan spesifikasi desain. Rangkaian uji ini merupakan kegiatan sertifikasi yang dilaksanakan Dislitbangad.

    Uji yang dilakukan yaitu uji dimensi dan perlengkapan. Uji track band meliputi uji lintas jalan miring 30%, uji rintangan tegak 0,6 m, uji rintangan balok sejajar, uji rintangan tanggul, uji melintas tanjakan 45% & 60%, dan uji hand brake tanjakan 45% & 60%.

    Serta uji daya gerak yang meliputi uji odo meter, uji kecepatan aman, uji kecepatan maksimum, uji tanjakan 60% dengan jarak 1,6 km dan uji tanjakan 30%-45% dengan jarak 4 km di Sarangan.

    Selain itu pun ada uji cepat rendah kecepatan 5 km/jam dengan jarak 10 km, uji lintas pasir terurai, uji lintas bukit berpasir bersemak, dan uji lampu tempur di Ambal, Kebumen. Plus, uji ketahanan kendaraan 3x24 jam dan uji offroad di Subang.

    Abraham menuturkan, hasil uji mobilitas tersebut relatif sangat memuaskan serta memenuhi persyaratan dan spesifikasi yang dipunyai TNI AD untuk melengkapi Kemampuan unjuk Kerja Teknis dari Medium Tank.

    Selanjutnya, tank berbobot sedang itu akan dilakukan uji daya gempur pada 27-30 Agustus mendatang. Setelah rangkaian uji ini selesai, diharapkan medium tank ini secepatnya bisa mengisi kebutuhan TNI akan alutsista yang modern.

    "Kehadiran medium tank ini sebagai persembahan Pindad untuk HUT ke-73 RI tahun ini," imbuhnya.


    TAG :


    Berita TERKAIT