• Headline

    Ombudsman Temukan Setnov Tempati Sel Lebih Besar

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri14 September 2018 15:44
    INILAH, Bandung - Ombudsman Republik Indonesia melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tiga Lembaga Pemasayarakatan (Lapas) di Kota Bandung pada Kamis (13/9). Temuan paling mencolok didapatkan ketika menyambangi Lapas Sukamiskin.

    Anggota ombudsman RI, Ninik Rahayu menuturkan di Lapas Sukamiskin terdapat diskriminasi di antara warga binaan, yakni adanya ruangan sel dengan ukuran yang lebih besar.

    Sel tersebut ditempati oleh terpidana kasus korupsi KTP elektronik, Setya Novanto.

    "Yang lebih luas dihuni Pak Setya Novanto memang lebih luas. Saya sudah sampaikan kamarnya luas lebih bagus," kata Ninik saat ditemui di Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Jawa Barat, Jalan Jakarta, Jumat (14/9).

    Ninik tidak mengetahui persis sel nomor berapa yang ditempati oleh Setnov (panggilan Setya Novanto). Namun dia memastikan sel yang didatanginya itu berbeda dengan yang ditunjukan dalam salah satu acara televisi, sel di mana sang pembawa acara menyambangi sel bernomor 29.

    Ditegaskan Ninik sel milik Setnov memiliki banyak kelebihan dibandingkan dengan sel lainnya di Lapas Sukamiskin.

    "Kalau ukuran bingung, mungkin ada dua kali lipat dari biasanya, dan di toiletnya juga duduk dong klosetnya," cetusnya.

    Selebihnya, Ninik tidak melihat fasilitas mewah di sel milik Setnov tersebut. Namun tetap terlihat paling menonjol dari sel Lapas Sukamiskin pada umumnya.

    "Fasilitas televisi gak ada, hanya ukuran kamar dan menurut Kalapas dulu bekasnya Telkom gitu lah," imbuhnya.

    Ketika menyambangi Lapas Sukamiskin, Ninik datang pada malam hari. Dia menunggu sekitar 30 menit dan diperbolehkan masuk dan melakukan sidak ke beberapa sel untuk meninjau fasilitas dan pelayanan bagi warga binaan.

    Saat memasuki sel milik Setnov di lantai dua, Ninik juga mendapati salah satu terpidana korupsi lainnya yang lebih senior di Lapas Sukamiskin. "Semalam lagi duduk-duduk ramai sama Nazaruddin," dia mengungkapkan.


    TAG :


    Berita TERKAIT