• Headline

    Masih Ada Potensi Penyelewengan di LP Sukamiskin

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri14 September 2018 15:44
    INILAH, Bandung- Anggota ombudsman RI, Ninik Rahayu menuturkan di Lapas Sukamiskin masih terendus potensi terjadinya penyelewengan administrasi.

    Padahal baru saja Kepala Lapas Sukamiskin, Wahid Husein terciduk Operasi Tangkap Tangan (OTT) oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Juli lalu.

    "Temuan yang kami lakukan memang ada hal-hal yang masih menurut pengamatan kami masih ada potensi maladministrasi, tetutama di Sukamiskin ada diskriminasi dalam kamar hunian. Karena masih ada perbedaan satu kamar hunian dengan lain, ada yang lebih kecil dibanding kamar hunian tertentu, mulai dari luas fasilitas dan lain-lain," terangnya.

    Dari hasil sidak tersebut Ninik juga mendapati sejumlah hal yang dinilainya tidak patut ada di lapas. Di antaranya terdapat sebuah televisi plasma berukuran besar di selasar bangunan.

    Menurutnya hal yang tidak patut bukan karena keberadaannya, melainkan televisi tersebut dibeli dari urunan para warga binaan.

    "Temuan lain yang tidak patut ada perlakuan berbeda misalnya standar operasional prosedur di dalam lapas pukul 5 ditutup di depannya digembok, hunian di Sukamiskin yang digembok itu di pinggir aja di blok. Tapi masing-masing kamar tidak. Digemboknya di blok saja, jadi leluasa. Nah ini saya kira perlu menjadi masukan," bebernya.

    Selain Lapas Sukamiskin, rombongan Ombudsman RI juga melakukan sidak ke Lapas Banceuy, Lapas wanita dan Pengadilan Negeri Bandung.


    TAG :


    Berita TERKAIT