• Headline

    Belum Dilantik Yana Sudah Ikut Rapat, Kemendagri: Harus Menjaga Etika Pemerintahan

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri14 September 2018 17:23
    INILAH, Bandung - Wakil wali kota Bandung terpilih periode 2018-2023 'curi start' ikut rapat bersama pasangannya Oded Muhammad Danial.

    Padahal, Yana baru resmi menjabat sebagai wakil wali kota definitif setelah pelantikan yang rencananya bakal berlangsung pada 20 September mendatang.

    Saat ini, Oded masih menjalankan sisa jabatannya dengan sebagai Pelaksana Tugas (Plt) Wali Kota hingga 16 September.

    Yana ikut dalam rapat terbatas antara Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama PT. Kereta Api Indonesia (KAI), pada Jumat (14/9).

    Oded tidak membantah apabila keberadaan Yana tersebut seakan 'curi start' ikut campur persoalan Pemkot Bandung, dia berkilah hal itu sebagai bagian dari proses adaptasi.

    "Ya, itu silakan tafsirkan sendiri. Tidak haram kan? (Tidak menyalahi aturan)," kata Oded di Plaza Balai Kota, Jalan Wastukencana, Bandung, Jumat (14/9).

    Dari pantauan wartawan, Yana tampak berada di sisi Oded yang bertindak memimpin rapat. Namun, Oded kemudian meminta para pewarta untuk keluar dari ruangan rapat.

    "Kebetulan saja, barusan beliau menelepon saya, nah saya ada rapat dengan orang PT KAI. Karena ini ada urusan besar, makanya saya suruh ikut aja sekalian," cetusnya.

    Sementara itu, Direktur Jenderal Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) Republik Indonesia, Soni Sumarsono saat dihubungi secara terpisah menyatakan Yana Mulyana dipersilahkan mengikuti rapat kedinasan di Pemkot Bandung.

    Namun ditegaskan olehnya posisi Yana hanya boleh sebatas sebagai pendengar.

    "Boleh saja untuk memperlancar proses transisi, namun kapasitasnya sebagai individu atau narasumber, bukan sebagai Kepala Daerah," ujar Soni.

    Soni kembali menegaskan bahwa kewenangan Yana tetap harus dibatasi apabila ikut rapat kedinasan bersama Pemkot Bandung. Hal itu dijelaskannya guna menjaga etika.

    "Tetap harus dapat menjaga etika pemerintahan, bahwa yang bersangkutan belum dilantik. Hanya sekadar memberikan input dan sejauh diundang," pungkasnya.

    TAG :


    Berita TERKAIT