• Headline

    Ombudsman Sidak ke PN, Terima Laporan Hakim Pelesiran ke Bali

    Oleh : Ahmad Sayuti14 September 2018 17:45
    INILAH, Bandung- Sepekan kemarin, Ombudsman RI menggelar sidak ke beberapa Lembaga Kemenkum HAM dan pengadilan Negeri Kelas 1A Bandung. Di PN Ombudsman menemukan beberapa hari persidangan sepi, dan menerima laporan jika para hakimnya pelesiran ke Bali untuk bermain tenis.

    "Saat sidak Kamis kemarin kami berkunjung ke ruang media, dan ada pelayanan sidang sepi di hari Senin. Laporannya para hakim lagi ikut main tenis di Bali," kata anggota Ombudsman Ninik Rahayu di Kantor Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkum HAM) Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jumat (14/9/2018).

    Sidak ke PN Bandung dilakukan untuk mengetahui bagaimana proses pelayanan di lembaga tersebut, bagaimana mendaftar persidangan sesuai atau enggak. Saat itulah pihaknya menerima informasi jika Senin kemarin sepi tidak ada persidangan.

    Ninik tak dapat mengklarifikasi soal temuan itu. Sebab, pihak PN Bandung, tidak mau menerima kehadiran Ombudsman. Alasannya, Ombudsman tidak membawa surat tugas, padahal tim mengantongi surat tugas namun tidak diberikan kepada petugas jaga.

    Menanggapi hal tersebut, Humas PN Bandung Wasdi Permana membenarkan memang pada Senin itu Ketua, Wakil ketua dan dua orang hakim PN Bandung pergi ke Bali. Namun, dia membantah kepergian ke Bali menjadi faktor penyebab sepinya sidang di PN Bandung.

    "Iya memang ke Bali hanya pak ketua, wakil dan dua orang hakim. Datang ke Bali untuk menyerahkan sertifikat akreditasi. Tapi sepinya sidang bukan karena ke Bali," katanya.

    Menurutnya, sidang di PN Bandung dibagi menjadi dua kategori. Senin dan Rabu, khusus untuk kasus tindak pidana korupsi dan hubungan industri. Sidang korupsi tidak sebanyak pidana umum atau perdata, sementara PHI beda gedung.

    Wasdi mengatakan saat hari Senin itu masih banyak hakim yang ada di PN Bandung. Sebagian menyidangkan di PHI sebagian lagi menyidangkan kasus tipikor di PN Bandung.

    "Jadi hakim itu sebagian tipikor sebagian PHI. Yang tidak ada jadwal sidang PHI dan tipikor ya tidak sidang. Artinya mereka ada tapi tidak sidang," ujarnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT