• Headline

    Sel Setya Novanto Besar dan Berwallpaper, Ini Penjelasan Kemenkumham

    Oleh : Ahmad Sayuti16 September 2018 08:35
    INILAH, Bandung - Sejumlah fasilitas masih ada di beberapa sel di Lapas Sukamiskin, Kota Bandung. Kemenkumham RI menegaskan bahwa fasilitas tersebut adalah inisiatif napi.

    Dirjen AHU Kemenkumham RI, Aidir Amin Daud mengatakan fasilitas tambahan dan sel yang bersih tidak disediakan oleh pihak Lapas.

    "Begini, biasanya sprei bawa sendiri kelihatan bagus. Mungkjn orang ada penyakitnya harus pakai sprei putih yang bersih, karena ada asma biasa kan begitu," katanya saat dihubungi, Sabtu (15/9/2018).

    Aidir pun menjelaskan bahwa tidak ada renovasi khusus terhadap sel yang besar dan bersih. Ombudsman menemukan ada sel beberapa napi, seperti Setya Novanto hanya ditempeli wallpaper.

    "Sebenarnya tidak direnovasi itu cuma dikasih wallpaper dan itu sudah lama. Kenapa ada wallpaper karena ternyata dinding itu ada masalah sedikit," ujarnya.

    Disinggung mengenai pembenahan Lapas agar merata, Aidir mengaku pihak Kemenkum HAM akan melakukannya secara bertahap. Karena pembenahan tidak bisa dilakukan secara instans, dan harus dilakukan secara bertahap..

    Seperti dikethaui, Lapas Sukamiskin kembali menjadi sorotan usai disidak Ombudsman RI. Beberapa kamar napi korupsi masih tidak banyak berubah pasca OTT KPK yang dilakukan dua bulan lalu.

    Namun anggota Ombudmas RI, Ninik Rahayu mengatakan masih ada diskriminasi yang antar penghuni napi. Indikatornya adalah kamar yang ditempati para napi tidak merata.

    Dari sidak yang dilakukan Ombudsman kamar Setya Novanto layaknya apartemen. Di foto lain, kondisi kamar sangat berbeda. Kamar dengan ukuran lebih kecil tampak kumuh dan kotor.

    TAG :


    Berita TERKAIT