• Pengangguran Kota Bogor Diklaim Menurun

    Oleh : Rizki Mauludi09 Agustus 2018 17:20
    INILAH, Bogor - Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kota Bogor Samson Purba memastikan angka pengangguran di Kota Bogor mengalami penurunan.

    Penurunan itu berdasarkan hasil survei angkatan kerja nasional (sakernas) Badan Pusat Statistik (BPS) serta Pusat Data dan Informasi (Pusdatin) Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker).

    "Pada 2015 angka pengangguran di Kota Bogor berjumlah 49.942 jiwa (11,08 %). Tahun 2017 turun menjadi 47.438 jiwa (9,57 %)," ungkap Samson usai acara Bursa Kerja Expo 2018 di Mall BTM Bogor pada Kamis (9/8).

    Samson melanjutkan, data pencari kerja yang tercatat di Disnakertrans Kota Bogor sebanyak 3.907 orang dan sebanyak 2.669 orang berhasil ditempatkan. Tahun ini, sampai dengan Juli 2018 data yang tercatat sebanyak 2.545 pencari kerja.

    "Penurunan angka pengangguran Kota Bogor pada 2017 dipengaruhi beberapa faktor, di antaranya pertumbuhan ekonomi di Kota Bogor yang membaik sebagai kota lintas daerah dan kota penyangga ibu kota negara," tuturnya.

    Masih kata Samson, faktor lain menekan angka pengangguran adanya kenaikan jumlah tenaga kerja terutama di sektor jasa kemasyarakatan, sektor perdagangan, sektor transportasi serta sektor komunikasi.

    "Perdagangan dan jasa kemasyarakatan menjadi sektor penopang banyaknya yang menyerap tenaga kerja di Kota Bogor yang merupakan kota jasa," jelasnya.

    Samson menjabarkan, pencari kerja saat ini dituntut untuk terus meningkatkan kemampuan dan keterampilan, produktivitas dan daya saing.

    Diprediksi beberapa sektor yang masih bisa bertahan dan menyerap tenaga kerja adalah sektor jasa dan sektor perdagangan melalui industri kecil dan menengah akan lebih dimaksimalkan.

    Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya mengatakan, pihaknya menekan angka pengangguran dengan menggelar bursa kerja, kolaborasi antara Disnakertrans Kota Bogor dengan berbagai pihak.


    TAG :


    Berita TERKAIT