• Bendera Raksasa Berkibar di Puncak Munara

    Oleh : Rishad Noviansyah12 Agustus 2018 17:03
    INILAH, Bogor- Warga Kecamatan Rumpin, Kabupaten Bogor mengibarkan bendera merah putih raksasa di Situs Gunung Munara, Desa Kampung Sawah, Minggu (12/8).

    Sekitar pukul 16.00 WIB, bendera dengan lebar enam meter dan panjang 22 meter berhasil dikibarkan untuk memperingati HUT RI ke-73.

    Ratusan orang dari berbagai komunitas penggiat lingkungan, purnapaskibra, masyarakat dan tokoh pemuda, mengarak diiringi Pasukan Pengibar Bendera (Paskibra) di ruas Jalan Utama Prada Samlawi menuju lokasi pengibaran.

    Ketua Panitia Pengibar Bendera Mulya Diva menuturkan, kegiatan ini rutin dilakukan sejak empat tahun terakhir di lokasi yang sama.

    "Dari Pak Camat Rumpin, kami arak bendera ini yang diikuti tokoh-tokoh masyarakat," kata dia.

    Tidak dilaksanakan tepat pada 17 Agustus, lantaran khawatir dengan agenda rutin pemerintah kecamatan. "Bendera ini kami kibarkan hingga 19 Agustus," katanya.

    Selain memperingati HUT RI ke-73, juga untuk mengenang para pahlawan yang sudah berjuang untuk kemerdekaan bangsa ini. Terlebih, catatan sejarah bahwa Kecamatan Rumpin telah terjadi peperangan Revolusi Fisik pada tahun 1945 untuk mempertahankan kemerdekaan.

    "Untuk upacara kita puncaknya pada 17 Agustus pagi yang akan diikutsertakan masyarakat dan para komunitas serta pengunjung," kata dia.

    Ketua Purna Pasukan Pengibar Bendera Kecamatan Rumpin Suryana menjelaskan, lebih dari lima anggota purna dari berbagai angkatan terlibat dalam kegiatan ini.

    "Allhamduliah acaranya sudah selesai, para purna paskibra yang terlibat pasukan juga ikut pada tahun lalu," kata dia.

    Danramil Rumpin Kapten Inf Marwoto menambahkan, pengibaran juga di laksanakan di Gungung Haur, Desa Rabak.

    "Kita harus menghormati para pejuang kemerdekaan yang telah gugur. Saya berharap pada masyarakat Kecamatan Rumpin agar terus memajukan Rumpin ke arah yang lebih baik," katanya.

    TAG :


    Berita TERKAIT