• Batal Lelang, Pembangunan Tiga Masjid Raya Diserahkan ke DKM

    Oleh : Reza Zurifwan14 Agustus 2018 16:50
    fotografer: Reza Zurifwan
    INILAH, Bogor - Pemkab Bogor akhirnya menyerahkan pembangunan tiga masjid raya ke Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) masing-masing masjid, karena batal lelang.

    Pembatalan lelang ini disebabkan pembangunan Masjid Raya yang anggarannya rata-rata Rp 4 miliar hingga Rp 5 miliar tersebut tidak bisa diselesaikan dalam waktu tersisa yaitu empat bulan.

    "Dikarenakan waktunya mepet, terpaksa lelang pembangunan Masjid Raya Sukajaya, Masjid Raya Tajur Halang dan Masjid Baitul Faidzin tahap dua dibatalkan dan pembangunannya diserahkan ke masing-masing DKM," ujar Sekda Kabupaten Bogor Adang Suptandar.

    Pembatalan lelang pembangunan tiga masjid raya ini sudah diantidiasi sebelumnya sejak lama oleh Bupati Bogor Nurhayanti. Dia pernah meminta anak buahnya melakukan percepatan pelelangan dan pembangunan tiga masjid raya.

    "Saya sudah mendesak Kabag Kesejahteraan Rakyat, Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) dan Kabag Pengadaan Barang dan Jasa untuk melakukan percepatan. Namun karena tidak berhasil dilelang maka agar salah satu penciri termaju ini bisa tetap terlaksana maka kami pun menyerahkan pembangunannya ke DKM-DKM melalui sistem hibah," kata Nurhayanti.

    Mantan Wakil Bupati Bogor menerangkan penyerahan pembangunan masjid raya kepada para DKM ini tidak melanggar aturan dan ini lebih bertujuan demi terwujudnya visi misi kepemimpinannya dalam lima tahun kebelakang.

    "Pembangunan 40 masjid raya ini sudah tertuang dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2018 dan masuk dalam 25 penciri kabupaten termaju seIndonesia. Ini tahun pengabdian saya yang terakhir, dan ingin saya tuntaskan sebelum masa jabatan saya habis pada bulan Desember tahun ini," terangnya.

    Dia menjelaskan dari rencana pembangunan 40 masjid raya, Pemkab Bogor sudah membangun 29 masjid raya di 29 kecamatan yang dilakukan secara estafet mulai tahun 2013 hingga kini.

    "Tahun 2013 Pemkab Bogor membangun 9 masjid raya, tahun 2017 kami membangun 20 masjid raya dan tahun ini kami membangun 11 masjid raya. Insya Allah masih ada waktu untuk menyelesaikan tujuan yang baik ini," jelas Nurhayanti. (ito)

    TAG :


    Berita TERKAIT