• 1.000 Peserta SBMPTN Panlok Bandung Ikuti Ujian Berbasis Android

    Oleh : Okky Adiana08 Mei 2018 11:33
    fotografer: Okky Adiana
    INILAH, Bandung - Ada hal yang baru pada Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) 2018 di Panitia Lokal (Panlok) 34 Bandung. Yakni, Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) menggunakan Android.

    UTBK menggunakan Android ini, memang kali pertama yang dilakukan oleh Panlok 34 Bandung. Ini merupakan sebuah terobosan baru yang dilakukan oleh panitia.

    Jumlah pesertanya memang tidak begitu banyak, pihak panitia hanya membatasi 1.000 peserta saja. Mereka akan melaksanakan ujian tersebut di Universitas Padjajaran (Unpad) Jatinangor.

    "Anak-anak generasi Z itu sangat ramah dengan gadget, ketimbang nulis dan sebagainya. Dia nge-WhatsApp (WA) saja sudah pakai tangan sebelah udah jago. Artinya di sini saya ingin mencoba, ini terobosan," kata Wakil Rektor Unpad Bidang Akademik dan Kemahasiswaan, Arry Bainus di kampua ITB.

    Dia mengatakan, ujian menggunakan android tentu saja banyak keuntungannya bagi peserta. Salah satunya adalah, jika ada jawaban yang salah, tidak perlu menggunakan penghapus, peserta tinggal klik dan dipindahkan ke tempat yang benar.

    Selain itu, tentu saja akan menghemat lembar kertas. Jika ujian berbasis cetak atau menggunakan lembar kertas, akan menghabiskan ratusan kertas.

    "Mahalnya cuma sekali, yaitu dengan teknologi. Jadi istilahnya dia daftarin dulu gadget-nya, baru dapat kartunya," ucapny.

    Soal sistem keamanannya sendiri lanjut Arry, pihaknya sudah mengantisipasi dan melakukan hal semaksimal mungkin. Ujian berbasis android ini, sudah diujicobakan dan hasilnya cukup baik.

    Menurutnya, keamanan teknologi itu bukan hanya sekadar dengan teknologi lagi, tapi juga dengan pengamanan fisiknya. Ujian menggunakan android ini berlaku untuk semua program studi (Prodi).

    "Untuk infrasturuktur dan lainnya kita sudah siap, cuma satu saja yang tidak bisa ditahan itu, orang yang mau iseng. Tapi mudah-mudahan lah ini pertama kali dan lancar," pungkasnya. [jek]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT