• Disdik Gelar Pelatihan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Bandung Masagi

    Oleh : mbe27 Agustus 2018 15:59
    INILAH, Bandung - Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung Elih Sudiapermana mengatakan kompetensi profesional dan pedagogik sudah merupakan bagian dari kurikulum sekolah yang garapannya bisa dilakukan oleh bidang PPSMP.

    Sedangkan kompetensi sosial dan kepribadian merupakan garapan khusus yang ada di bidang P3TK.

    Hal itu diungkapkan Elih saat membuka acara Pelatihan Kompetensi Sosial dan Kepribadian Bandung Masagi bagi Pendidik di Garden Permata Hotel, Jalan Lemah Neundeut No. 7 Setrasasri Bandung, Senin (27/08/2018).

    Kegiatan ini berlangsung selama lima hari, 27-31 Agustus 2018. Diikuti oleh peserta sebanyak 120 orang, terdiri dari Kepala SMP Negeri, pembina siswa dari SMP Negeri, 13 orang pengawas SMP dan TIM Bandung Masagi.

    Elih menjelaskan karakter tidak bisa diajarkan atau dipelajari secara instan, tetapi harus dibiasakan melalui praktik-praktik.

    Pembiasaan karakter itu harus dilakukan oleh para pendidik, diterapkan dalam kehidupan sehari-hari dan akhirnya menjadi sebuah kebiasaan.

    "Kepala sekolah harus bisa menggali potensi sesuai dengan tuntutan abad 21 bagaimana kita berkomunikasi yang santun serta berkolaborasi yang baik sehingga permasalahan yang dihadapi cepat terselesaikan dengan baik", tuturnya.

    Pada kesempatan yang sama Kepala Seksi Pendidik dan Tenaga Kependidikan SD Akhamd Taufan Hidayat mengharapkan peserta memiliki peningkatan kompetensi sosial. Dan kepribadian yang baik dalam rangka memberikan layanan pendidikan yang bermutu, berkeadilan, dan berkarakter Bandung Masagi.

    Adapun materi yang diberikan secara tematik. Peserta belajar tentang silih asih bagaimana implementasi silih asih kepada sesama.

    Hari kedua tentang asah, hari ketiga tentang asuh, hari keempat tentang wawangi, praktik silih wawangi. Serta hari kelima tentang Bandung Masagi secara keseluruhan.

    TAG :


    Berita TERKAIT