• Headline

    Aksi Bullying di Kota Bandung, Ini Kata Dinas Pendidikan

    Oleh : Okky Adiana03 September 2018 13:43
    INILAH, Bandung - Aksi bullying atau tindak kekerasan terhadap siswa, terjadi di salah satu sekolah dasar negeri (SDN) di Kota Bandung.

    Kepala Dinas Pendidikan Kota Bandung, Elih Sudiapermana membenarkan atas kejadian tersebut.

    “Ya betul ada aksi bullying di salah satu sekolah, tapi semuanya sudah ditangani melalui musyawarah di sekolah dan langsung dilakukan tindakan,” ujar Elih.

    Dia menjelaskan, pada Rabu (29/8/2018), Disdik Kota Bandung menerima laporan dari orangtua siswa korban bullying. Mengetahui kabar tersebut, pihaknya langsung mengambil tindakan untuk mengindentifikasi permasalahan dan mengklarifikasi kepada berbagai pihak serta mendatangi sekolah tersebut.

    Selain dari Disdik Kota Bandung, pendampingan juga dilakukan bersama dengan Komisi Perlindungan Anak dan Perempuan.

    “Kepala sekolah sudah meminta maaf terhadap orang tua korban bullying dalam sebuah pernyataan bermaterai, jika hal itu tidak akan terjadi lagi, bersama dengan orangtua bullying dan korban,” papar Elih.

    Untuk mengantisipasi hal-hal serupa, kata Elih, pengawasan kegiatan anak pada saat istirahat belajar dan menjelang pulang sekolah harus ditingkatkan. Selain itu, kegiatan pendidikan keluarga/ke orangtuaan makin digalakkan.

    Dia berharap, atas kejadian tersebut, ke depannya guru-guru di sekolah lebih waspada melihat prilaku anak-anak agar tidak mengarah ke kerasan atau bullying.

    Video bullying tersebut, beredar di media sosial Instagram dan dibagikan oleh akun @seeking_dorothy58. Video yang berdurasi kurang dari satu menit itu memperilhatkan beberapa siswa dengan menggunakan pakaian olahraga melakukan bullying terhadap rekan mereka sendiri. Salah satu siswa (korban) sempat di pukul oleh rekannya sendiri.

    Sementara di tampilan berikutnya, diperlihatkan bagaimana kesedihan orangtua dari korban bullying setelah mengetahui jika anaknya menjadi korban bullying di sekolahnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT