• Orang Tua Harus Jadi Bagian Penting Pembentukan Karakter Anak

    Oleh : mbe04 September 2018 17:21
    INILAH, Bandung- Wakil Ketua TP PKK Kota Bandung mengajak orang tua siswa untuk menjadi bagian penting pembentukan karakter anak sejak dini.

    Wakil Ketua TP PKK Kota Bandung Umi Siti Muntamah hadir di SDN 023 Pajagalan Senin (3/9). Selain memberikan semangat pada para peserta didik, Umi Siti Muntamah juga memberikan materi parenting bagi Ratusan Orangtua siswa di SDN tersebut.

    Didampingi oleh Plt. Sekretaris Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, dan Pemberdayaan Masyarakat (DP3APM), Kepala Seksi Kelembagaan dan Peserta Didik Bidang SD Dinas Pendidikan, dan Kepala SDN 023 Pajagalan, Umi Siti menyampaikan peran penting orangtua dalam membentuk karakter anak.

    Umi Siti menekankan 4 hal dalam membangun karakter anak yaitu Keteladanan, Pembiasaan, Nasihat serta Reward dan Punishment.

    Orangtua harus mampu menciptakan keluarga ramah anak di rumah. “Cintai mereka, gunakan kata-kata yang lembut, beri contoh perilaku baik, beri nasihat yang penuh hikmah, puji dan berikan hukuman yang mendidik kepada anak sejak dini itu penting dilakukan” tegas Umi siti.

    Orangtua diharapkan mampu mendampingi anak dan menjadi tempat terbaik untuk anak membagi cerita apapun. Baik itu sekadar pengalaman di sekolah, harapan anak, maupun kegundahan yang dirasakan oleh anak.

    “Luangkan waktu untuk memiliki hubungan komunikasi yang interaktif dengan anak,” pinta Umi Siti.

    Selain itu Umi Siti berharap ada kesinambungan pendidikan bagi anak mulai dari hubungan psikologis yang baik antara orangtua dengan guru, guru dengan peserta didik, peserta didik dengan lingkungan masyarakat serta peserta didik dengan teman sebaya.

    Hal tersebut akan menjadi pondasi yang kuat untuk membentuk karakter-karakter baik pada anak.

    “Mari kita panggul bersama beban berat membentuk generasi yang hebat ini bersama-sama,” ajak umi Siti.

    Hadir pula Kepala UPT P2TP2A Lenny Herlina beserta jajaran. Ia menjelaskan soal perundungan, faktor penyebab perundungan, termasuk perilaku-perilaku apa saja yang termasuk ke dalam kategori perundungan.

    TAG :


    Berita TERKAIT