• Sinergi BUMN Serentak Berangkatkan Ribuan Pemudik Gratis

    Oleh : Dini08 Juni 2018 22:47
    fotografer: Syamsuddin Nasution
    INILAH, Bandung - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) kembali menggelar program Mudik Gratis Bersama BUMN, yang diselenggarakan di berbagai perusahaan di Indonesia. Pada Jumat (8/6/2018), Bio Farma turut memberangkat 1000 peserta mudik ke berbagai tujuan di Pulau Jawa.

    Bio Farma sendiri melepas sebanyak 1000 pemudik yang diberangkatkan dengan menggunakan 22 unit armada bus dengan tujuan ke 17 kota di pulau Jawa antara lain Cilacap, Banyumas, Kebumen, Purworejo, Yogya, Solo, Brebes, Tegal, Pekalongan, Kendal, Semarang, Tasik, Banjar, Pangandaran, Majalengka, Cirebon, dan Kuningan.

    "Program Mudik bersama BUMN pada lebaran tahun ini mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibangdingkan dengan tahun 2017, yang hanya membawa 400 penumpang dengan 10 unit armada bus. Mereka yang diberangkatkan juga sudah melewati berbagai syarat yang ditentukan," ujar Direktur Utama Bio Farma, M Rahman Roestan, di Kantor Bio Farma Bandung, Jumat (8/6/2018).

    Acara mudik gratis ini salah satu program dari Kementerian BUMN, guna menekan angka kemacetan dan angka kecelakaan lalu lintas akibat arus mudik. Ada beberapa BUMN yang hari ini serentak melepas para peserta untuk pulang ke kampung halamannya masing-masing," ujar Rahman Roestan di Kantor Bio Farma, Jumat (8/6/2018).

    Ia menjelaskan, pada program sinergi BUMN 2018 ini, Kementerian terkait mengerahkan 3.405 armada bus, 26 rangkaian kereta api, 61 armada kapal laut dan 8 armada pesawat dengan tujuan kota " kota yang berada di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, hingga Sulawesi.

    Menurutnya, tujuan diselenggarakannya acara mudik bareng ini diharapkan dapat mempermudah pemudik bertemu sanak saudara di kampung halamannya, dengan lebih aman, nyaman dan terbebas dari risiko kemacetan atau kecelakaan lalu lintas.

    “Kami berharap para pemudik dapat sampai ke kampung halamannya tepat waktu, tidak dalam keadaan lelah sehingga dapat merayakan hari kemenangan dengan suka cita dan khusyuk," kata Rahman.

    Rahman menambahkan, Sebagai perusahaan yang berkomitmen untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit, selama di perjalanan Bio Farma juga akan menyediakan fasilitas obat-obatan untuk pencegahan jika diketahui ada peserta mudik yang sakit atau kelelahan

    Terpisah, BUMN farmasi PT Kimia Farma (Persero) Tbk juga kembali menggelar program Mudik Bareng BUMN yang bertajuk Mudik Bareng Kimia Farma. Berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini Kimia Farma menyediakan 16 armada bus atau 750 kursi yang tidak hanya ditujukan untuk karyawan Kimia Farma tetapi juga untuk masyarakat umum.

    Pelepasan Mudik Bareng Kimia Farma 2018 berlangsung dua hari. Sebanyak 15 armada bus berangkat pada Jumat, 8 Juni 2018 dari Kantor Pusat Kimia Farma, Jalan Veteran No. 9, Jakarta Pusat. Hari selanjutnya, Sabtu, 9 Juni 2018 terdapat 1 armada bus berangkat dari Ancol, Jakarta Utara sebagai wujud sinergi dengan perusahaan BUMN lain yang membawa konsep Mudik Guyub Rukun.

    "Animo para pelanggan setia dan karyawan cukup tinggi hingga hampir 100% kursi yang disediakan terpenuhi. Selain sebagai ungkapan terima kasih bagi para pelanggan, Mudik Bareng Kimia Farma juga diharapkan dapat mengurangi tingkat kecelakaan di jalur darat yang sebagian besar disebabkan oleh pemudik dengan sepeda motor,” ungkap Direktur Keuangan Kimia Farma, I.G.N. Suharta Wijaya.

    Mudik Bareng Kimia Farma 2018 memfasilitasi para karyawan dan para pelanggan untuk kembali ke kampung halaman dengan beberapa rute favorit baik lintas Jawa maupun Sumatera, yakni menuju Solo (jalur utara dan selatan), Cilacap, Yogyakarta, Surabaya (jalur utara dan selatan), Malang, Padang dan Bukittinggi.

    Posko Kesehatan Mudik Kimia Farma

    Selain mengadakan program mudik bersama, perusahaan pelat merah tersebut juga turut memperhatikan aspek kesehatan bagi para pemudik dengan mendirikan Posko Kesehatan Mudik Kimia Farma yang berlokasi di 8 titik penting seperti stasiun KA, terminal hingga rest area.

    Adapun pelayanan dan pemeriksaan gratis yang bisa dilakukan di Posko Kesehatan Mudik Kimia Farma berupa pengobatan, cek kolesterol, asam urat, gula darah, dan tekanan darah.

    “Sesuai komitmen Kimia Farma dalam memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat, Posko Kesehatan Mudik yang tersebar di beberapa daerah diharapkan dapat menciptakan suasana mudik yang sehat dan aman.

    TAG :


    Berita TERKAIT