• Tren Pasar Otomotif Bergeser

    Oleh : Doni Ramdhani22 Juni 2018 21:28
    fotografer: Syamsuddin Nasution
    INILAH, Bandung - Empat tahun terakhir ini, perilaku pasar otomotif Tanah Air diakui bergeser. Kondisi tersebut diakui Honda Bandung Center (HBC) sebagai main dealer mobil Honda di Jabar-Banten.

    Manajer Operasional HBC Junianto Naibaho mengatakan, sebelumnya pasar otomotif ramai pada momen Ramadan-Lebaran. Namun, kini angka penjualan pada bulan tersebut relatif tidak signifikan. Pada 2018 ini, penjualannya hanya sebesar 7,9%.

    "Pada empat tahun terakhir, penjualan justru melompat di akhir tahun. Tahun lalu saja, SPK (surat pemesanan kendaraan) di Desember mencapai 27%. Artinya, perilaku pasar sekarang bergeser," kata Junianto, beberapa waktu lalu.

    Dikarenakan pergeseran tersebut, pihaknya mengubah seasonal target. Kini, puncak penjualan itu terjadi pada semester II tiap tahunnya. Untuk itu, supply barang dan stok pun ikut menyesuaikan pasar. Hingga akhir 2018 ini, dia mengakui ketersediaan barang di Jabar-Banten relatif aman.

    "Karena pergeseran ini juga kita berdiskusi dengan pabrik perakitan," tambahnya.

    Sementara, Direktur HBC Iwan Tjandradinata menyebutkan pada Januari-Juni lalu pihaknya sukses menjual sekitar 9.500 unit all varian. Angka tersebut diakuinya kurang 1% dari target yang ditetapkan. Capaian tersebut menjadikan mobil Honda meraih market share sebesar 17,9%.

    Dari penjualan tersebut, dia mengaku varian Brio Satya memberikan kontribusi terbesar. Angkanya mencapai 30%. Pertumbuhan signifikan pun tampak dari varian CR-V yang tumbuh tiga kali lipat dari sebelumnya.

    Iwan menambahkan, meski tahun politik ini tidak berpengaruh negatif terhadap penjualan namun dia optimistis brand Honda ini grafik kinerja bisnis menunjukkan tren positif. Meski masih menempati peringkat kedua, untuk brand Honda ini diakuinya tetap tumbuh positif. Sejumlah kompetitor tahun ini justru mengalami pertumbuhan negatif.

    "Kalau pun ada pertumbuhan, angkanya paling 1-2% saja," ujar Iwan.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT