• Bukalapak-JNE Gelar Ngelapak Bersama di Daerah

    Oleh : Doni Ramdhani02 Juli 2018 17:09
    INILAH, Bandung - Bukalapak terus merangkul komunitas. Di sejumlah daerah, Komunitas Bukalapak memberikan program Belajar Ngelapak Bersama Komunitas (BNBK) terbaik sarat akan manfaat kepada anggotanya.

    Head of Community Management Bukalapak Muhammad Fikri mengatakan, program unggulan ini rutin dilakukan setiap tahun. Lokasi diadakannya program ini di daerah secara bergantian. Tahun ini, BNBK digelar di Sragen tempat kelahiran founder dan CEO Bukalapak Achmad Zaky.

    "Pemilihan Sragen ini didasarkan pada adanya potensi pengembangan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di sini. Ini sesuai dengan misi dari Bukalapak yaitu memberdayakan UKM di seluruh penjuru Indonesia," kata Fikri, Senin (2/7).

    Dia menuturkan, program di Sragen dilaksanakan pada 30 Juni hingga 1 Juli kemarin. BNBK bertujuan untuk memberikan wawasan kepada para peserta tentang berbisnis secara online dan meningkatkan keterampilan dalam mengoptimalkan bisnis mereka tersebut. Pendampingan juga akan diberikan untuk memastikan perkembangan bisnis dari para peserta. Selain bertujuan untuk memberikan edukasi, BNBK merupakan ruang yang diberikan kepada komunitas untuk berkreasi dalam menyelenggarakan kegiatan di komunitasnya masing-masing.

    Peserta pelatihan terdiri dari masyarakat umum setempat yang sudah terjun dan yang baru ingin memulai berbisnis. Sragen merupakan salah satu kabupaten terkenal di Jawa Tengah yang memiliki hasil pertanian unggul. Seperti padi, tebu, kacang tanah, dan semangka.

    Lebih dari 1.300 pelapak yang tergabung di Komunitas Bukalapak regional Jawa Tengah memanfaatkan peluang ini untuk menjual produk-produk olahan makanan melalui UKM yang mereka bangun. Bukalapak kemudian memberikan pelatihan kepada para UKM ini melalui program BNBK agar bisnis yang mereka jalankan bisa mencapai hasil maksimal.

    Selain pengenalan tentang Bukalapak, materi yang diberikan kepada peserta yakni seputar cara mengoptimalisasi pemasaran barang jualan di Bukalapak. Mulai dari teknik pengambilan foto produk hingga menulis deskripsi barang yang baik dan benar. Plus, wawasan mengenai trust and safety.

    "Rangkaian program BNBK ini mendapatkan dukungan dari mitra Bukalapak, yaitu JNE. JNE akan terlibat dalam memberikan materi kepada para peserta BNBK. JNE sebagai mitra logistik akan memberikan wawasan mengenai jasa layanan pengiriman yang bisa dimanfaatkan oleh para pelapak," ujarnya seraya menyebutkan Komunitas Bukalapak ini tersebar di 86 kota se-Indonesia.

    Sementara itu, Head of Marketing Communication Division JNE Mayland Hendar Prasetyo menyebutkan aspek penting dalam berjualan online yaitu jalur distribusi yang efisien dan aman. JNE hadir di tengah-tengah para pelapak Bukalapak se-Indonesia untuk membantu mengoptimalkan usahanya.

    "Kami berharap dengan berlimpahnya fitur yang ditawarkan JNE dapat memaksimalkan para pelapak dalam memajukan bisnisnya," ucapnya.

    Sedangkan, Kepala Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Menengah Sragen Giyadi menuturkan untuk menjadi unggul seorang pebisnis harus mengikuti perkembangan zaman dan disiplin dalam mengelola bisnis yang ditekuni.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT