• Penguatan Ekosistem Digital, FEB Unpad Gelar DIS

    Oleh : Doni Ramdhani12 September 2018 14:43
    fotografer: Ilustrasi/net
    INILAH, Bandung - Sebagai upaya pengutaan ekosistem digital, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Padjadjaran (Unpad) menggandeng Kementerian Pariwisata (Kemenpar) dan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

    Kerja sama itu terwujud dalam Digital Innovation Summit (DIS) yang akan digelar pada 21 September 2018 mendatang di Bandung.

    Dekan FEB Unpad Yudi Azis mengatakan, kegiatan ini akan dihadiri lebih dari 1.000 orang. Mereka berasal dari berbagai elemen ekosistem bisnis digital di Tanah Air. Mulai dari praktisi fintech, bisnis startup, regulator, serta mahasiswa dan civitas akademika.

    "Perkembangan teknologi dan informasi sangat pesat dalam dekade terakhir. FEB memiliki kepedulian untuk menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menjawab kebutuhan literasi digital. Kita menyambut tantangan revolusi industry 4.0 ini dengan berupaya menguatkan pemberdayaan ekosistem digital," kata Yudi di Bandung, Rabu (12/9).

    Menurutnya, pada Digital Innovation Summit itu pun akan diluncurkan program nasional Kemenkominfo untuk menciptakan 1.000 digital talent scholarship. Untuk itu, program beasiswa ini melibatkan Unpad, Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI), Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya, dan Universitas Gadjah Mada (UGM). Program pendidikan dua bulan ini akan mencetak 1.000 lulusan yang akan memahami isu penting dalam dunia digital seperti cyber security dan bisnis digital.

    Sementara itu, penanggung jawab kegiatan Dies Natalis FEB Unpad Hamzah Ritchi menambahkan perkembangan teknologi informasi dan transaksi pada
    masyarakat mendorong inovasi di berbagai dimensi peradaban di dunia.

    Secara masif dan intensif, beragam inovasi ini memungkinkan terciptanya model-model bisnis baru yang berpotensi mentransformasi radikal struktur organisasi, persaingan, dan pemanfaatan informasi dalam berbagai sektor kehidupan.

    "Kegesitan dan kemampuan membaca proposisi nilai sebuah proses bisnis menjadi kunci kemampuan bertahan talenta individu dan organisasi secara berkesinambungan," ujarnya.

    Secara umum, gelaran DIS itu terdapat tiga rangkaian kegiatan. Yakni, pre-event DIS pada 12-14 September 2018, serta DIS dan FEB Nite yang akan dilaksanakan pada 21 September 2018. Pihaknya pun bekerja sama dengan Telkomsel dan Indonesia Next terkait digital marketing training yang membuka kesempatan bagi 500 peserta mahasiswa.

    Mengenai konten materi yang disediakan yaitu Digital Content Marketing using Hubspot, Technical Design Presentation using Microsoft Office Powerpoint 2013, dan Visual Design and Communication using Adobe Photoshop CS6/CC.

    "Menteri Komunikasi dan Informasi dan Menteri Pariwisata akan menjadi pembicara utama pada kegiatan DIS 2018 yang dilanjutkan dengan dua sesi pleno yang melibatkan Telkomsel, Line, dan Grab. FEB Unpad juga memfasilitasi acara breakout session bersama beberapa startup seperti Sayurbox, Hara, Noompang, Sharing Vision, dan e-resto," jelasnya.

    Selain itu, perhelatan ini bertujuan untuk startup digital yang akan mempresentasikan atau mendemonstrasikan solusi dan proses bisnis yang dilakukan. Pada sesi terakhir, FEB Unpad akan meresmikan Pusat Studi Inovasi Digital. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT