• Headline

    Emil Segera Menyulap Sungai Kalimalang Bekasi

    Oleh : Rianto Nurdiansyah13 September 2018 12:40
    INILAH, Bandung-Pemerintah Provinsi Jawa Barat bakal menyulap Sungai Kalimalang, Bekasi layaknya Cheonggyecheon di Korea Selatan. Hal ini ditempuh agar Kalimalang menjadi sungai yang manusiawi.

    Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, Bekasi memang memiliki potensi yang luar biasa. Karena itu pihaknya akan mengupayakan revitalitasi Sungai Kalimalang yang merupakan bagian dari saluran Tarum Barat ini.

    "Saya sudah survei memang potensinya luar biasa ada jalur air mengalir tapi teu dikumaha-kumaha," ujar Ridwan di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (13/9/2018).

    Rencana revitalisasi Kalimalang ini sudah dia viralkan pada akun instargam pribadinya @ridwankamil pada Rabu (12/9). Menilik dari tanggapan netizen, dia mengklaim masyarakat Bekasi antusias menyambut rencana ini.

    "Di viralkan berarti warga Bekasi memendam keinginan yang luar biasa untuk ruang hidupnya," ucap dia.

    Emil sampaikan, saat ini Sungai tersebut sedang didesain agar menjadi tempat yang manusiawi dan ramah lingkungan. Juga sebagai percontohan untuk daerah-daerah lainnya.

    "Air harus kita memuliakan kita hormati bukan sekadar jalur enginering," imbuhnya.

    Memang untuk menyulap Sungai Kalimalang menjadi cantik ini pihaknya akan menemukan beberapa tantangan. Salah satunya mengenai pencemaran. Mengingat banyaknya pabrik yang berdiri di sisi sungai. Pencemaran lainnya adalah kotoran yang terbawa dari Bogor apabila hujan besar.

    "Nanti dikonsepkan supaya yang masuk ke sana juga tidak berupa buangan yang tidak terkontrol," katanya.

    Dia katakan, revitalisasi Sungai Kalimalamg ini akan masuk anggaran murni APBD 2019. Itu sesuai dengan jargon pasangan Rindu, yakni 'ngabret'.

    "Semua akan dilaksanakan tahun depan pasangan rindu judulnya juga ngabret," pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT