• Headline

    Pasok Kebutuhan Air Bersih, Jabar Segera Miliki 7 Waduk Baru

    Oleh : dea08 Februari 2018 23:46
    INILAH, Bandung - Jawa Barat diproyeksikan akan memiliki tujuh waduk baru. Tujuh waduk tersebut yakni, Waduk Sukamahi, Ciawi, Sadawarna, Cipanas, Matenggeng dan Kuningan dan Leuwi Keris.

    "Tahun ini kita bangun, kita mulainya,
    Sama2, (Anggaran) dari daerah dan pusat," kata dia, belum lama ini, di Bandung.

    Ia menjelaskan, masalah kebutuhan air bersih dan juga irigasi pertanian menjadi hal yang sangat mendesak pembuatan tujuh waduk tersebut.

    Ia menyontohkan, kebutuhan bahan baku air bersih di Cirebon Raya yang sangat besar, namun tidak ada sumber air bersih permukaan yang tersedia. Sehingga dengan adanya Waduk Kuningan, diharapkan kebutuhan air bersih di Cirebon Raya dapat terpenuhi.

    "Sementara kita tahu Cirebon Raya pasokan air bersihnya juga belum tercukupi, jadi ini barangkali menjadi salah satu tempat air baku untuk pasokan air bersih ke Cirebon Raya," katanya.

    Sementara itu, enam Waduk lainnya akan memenuhi kebutuhan air di Kawasan Priangan timur, yakni Ciamis dan Tasik. Kemudian untuk menyangga Jakarta,dan juga tambahan di Sumedang untuk menyokong Waduk Jatigede.

    Selain untuk ketersediaan air bersih dan irigasi lanjut Demiz sapaan akrab Deddy Mizwar, ketujuh waduk ini juga akan berdampak positif dalam pembangunan perekonomian wilayah.

    "Fungsi nya ada empat minimal,
    Pertama irigasi, kedua PLTA, ketiga mengendalikan banjir, keempat pariwisata, minimal empat itu, " pungkasnya.

    Sebelumnya Kepala Dinas Pengelolaan Sumber Daya Air, Nana Nasuha Dzuhri menyebut, Jawa Barat masih kekurangan waduk untuk memenuhi kebutuhan air bersih permukaan dan juga irigasi untuk pertanian.

    Hal tersebut menjadi penyebab banyaknya masyarakat menyedot air dari air dalam. Hal tersebut kata Nana semestinya mampu diminimalisasi dengan ketersediaan air bersih permukaan yang dapat dimanfaatkan masyarakat untuk kebutuhan rumah tangga dan juga kebutuhan lainnya.

    "Iya di Jabar kalo boleh dikatakan, masih kekurangan waduk," ungkapnya.

    Oleh karenanya, pembangunan tujuh waduk ini diharapkan mampu memenuhi kebutuhan air bersih bagi masyarakat Jawa Barat.[jek]

    Tags :


    Berita TERKAIT