• Headline

    Apel Perdana, M Iriawan Sampaikan Tugas Pokok Penjabat Gubernur Jabar

    Oleh : Rianto Nurdiansyah21 Juni 2018 09:51
    fotografer: Rianto Nurdiansyah
    INILAH, Bandung-Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat (Jabar) Komjen Pol M Iriawan pimpin apel perdana usai libur ldulfitri 2018 di Gedung Sate, Jalan Diponogoro, Kota Bandung, Kamis (21/6) Pagi. Apel ini dijadikan ajang silaturahmi dengan ribuan PNS di lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar, setelah pada tanggal 18 Juni 2018 lalu dilantik.

    Pada kesempatan ini Iriawan menyampaikan ada dua tugas pokok yang harus saya jalankan sebagai Penjabat Gubenur Jawa Barat. Yang pertama mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah dan yang kedua menyukseskan penyelenggaraan pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat periode 2018-2013.

    Dalam rangka mengefektifkan penyelenggaraan pemerintahan daerah tersebut langkah pertama saya adalah menjalin komunikasi dengan seluruh ajaran Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat," ujar Iriawan ketika menjadi pembina upacara.

    Karena itu, kata dia, Iriawan pun melaksanakan rapat pimpinan dengan seluruh Pejabat Pimpinan Tinggi di lingkungan Pemda Provinsi Jawa Barat, Kamis (21/6) Siang. Yakni, dengan Sekretaris Daerah beserta para Kepala Perangkat Daerah.

    "Itu untuk menghimpun informasi secara cepat mengenai gambaran umum serta tugas dan fungsi perangkat daerah, program, kegiatan dan anggaran tahun 2018, serta hambatan, tantangan dan kendala yang dihadapi dan yang secara prioritas harus kita tangani segera," paparnya.

    Sementara dalam upaya mensukseskan penyelenggaraan Pilgub dan Wagub Jabar dan juga Pemilihan Bupati/Walikota dan Wakil Bupati/Wakil Walikota di Jawa Barat yang secara serentak akan dilaksanakan tanggal 27 Juni 2018 mendatang, Iriawan akan berkoodinasi dengan sejumlah pihak. Seperti dengan KPU dan Bawaslu, Pimpinan DPRD, Panglima Kodam, Kapolda, Kajati dan Kepengti Jawa Barat.

    "Serta seluruh elemen masyarakat Jawa Barat yang direpresentasikan oleh para tokoh, sesepuh dan pimpinan masyarakat seperti para alim ulama, pimpinan partai politik, organisasi masyarakat, perguruan tinggi, dunia usaha, pers, dan lain-lain," jelasnya.

    Lebih lanjut, berkaitan dengan penyelenggaraan Pilkada serentak itu setidaknya ada dua sasaran yang ingin dia capai. Yang pasti, ingin terselenggara Pilkada yang Luber (langsung, umum, bebas dan rahasia). Juga harus jujur, adil, damai, aman, dan demokratis. Tambah dia, Indikatornya adalah tingginya angka partisipasi politik masyarakat, lancarnya proses pemungutan dan penghitungan suara sampai dengan penetapan hasil perolehan suaranya.

    "Serta terpilihnya para Kepala Daerah yang sesuai dengan kehendak dan suara mayoritas masyarakat yang memilki hak pilih," imbuh dia.

    Sasaran lainnya, sebagai Pj Gubenur Jabar, Iriawan diamanatkan untuk menjaga netralitas para penyelenggara Pilkada dan ASN Pemda Provinsi Jabar dalam pelaksanaan Pilkada serentak Tahun 2018.

    "Oleh karena itu saya akan bergerak cepat dan efektif, karena setiap jam bahkan menit akan sangat berharga bagi saya dalam melaksanakan tugas ini," katanya.

    Hanya saja, Iriawan tahu persis untuk mewujudkan itu butuh dukungan dari berbagai pihak. Agar, dapat bisa bekerja secara cepat dan efektif.

    "Namun tetap cermat dan akuntabel agar tetap berada dalam koridor ketentuan hukum dan perudang-undangan," ucap Iriawan.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT