• Pemprov Jabar Tindaklanjuti Keppres Libur Pilkada Serentak 2018

    Oleh : Rianto Nurdiansyah25 Juni 2018 19:14
    INILAH, Bandung-Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 14 Tahun 2018 terkait hari pencoblosan Pilkada Serentak 2018 sebagai libur nasional resmi diberlakukan.

    Pemerintah Provinsi Jawa Barat langsung menindaklajuti dengan membuat surat edaran nomer 003.1/54/Org tentang Hari Pemungutan Suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati, Wali Kota dan Wakil Walikota 2018 sebagai hari libur nasional.

    Sekda Jabar Iwa Karniwa mengatakan, surat ini menurutnya sudah disebarkan ke bupati/ wali kota 27 Kabupaten/Kota. Juga pada kepala kanwil kementerian/instansi vertikal dan seluruh kepala dinas hingga kepala biro di lingkungan Pemprov Jabar.

    “Suratnya sudah saya tandatangani dan hari ini juga diedarkan,” katanya di Gedung Sate, Bandung, Senin (25/6/2018).

    Dia katakan, penetapan libur ini dalam rangka memberikan kesempatan seluas-luasnya kepada masyarakat Jabar untuk menggunakan hak pilihnya. Di mana, seirama dengan Keppres.

    “Pemerintah juga mengambil kebijakan untuk diliburkan jadi ASN bisa melaksanakan hak pilih,” katanya.

    Iwa katakan, sudah memberikan perintah pada ada OPD yang memberikan pelayanan langsung kepada masyarakat untuk melakukan pengaturan piket karyawan. Itu seperti rumah sakit, puskesmas, telekomunikasi, listrik, air minum, pemadam kebakaran dan lainnya

    “Penugasan karyawan pada hari libur dimaksud sehingga pelayanan kepada masyarakat tetap berjalan sebagaimana mestinya,” katanya.

    Lebih lanjut, dalam surat ini juga meminta instansi pemerintah daerah agar melakukan pengaturan dan pemantauan terhadap pelaksanaan libur nasional. Juga, mengambil langkah-langkah peningkatan disiplin dengan ketentuan perundang-undangan.

    “Kami harapkan partisipasi politik masyarakat meningkat dengan diliburkannya hari pencoblosan,” pungkasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT