• Cagub Sudrajat Bertekad Jadikan Jabar Surga Wisata

    Oleh : Gin Gin Tigin Ginulur14 Maret 2018 11:48
    Pantai Santolo salah satu lokasi wisata di Jabar Selatan
    INILAH, Bandung - Calon Gubernur Jabar Sudrajat bertekad melanjutkan dan menyempurnakan pembangunan menuju lebih baik jika terpilih nanti. Salah satu yang menjadi fokus pembangunan adalah sektor pariwisata.

    Cagub nomor 3 ini mengatakan, Jabar merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang diberikan kekayaan dan keindahan alam melimpah oleh Allah SWT. Masih banyak potensi alam yang bisa menjadi objek wisata belum tergarap maksimal.

    Sudrajat menyebutkan, belum optimalnya pengelolaan sektor pariwisata itu dipengaruhi faktor penunjang yakni ketersediaan infrastruktur. Sebab, di beberapa daerah, khususnya yang memiliki potensi wisata belum ditunjang dengan infrastrukutur yang memadai.

    "Contohnya seperti Pangalengan. Saya dari dulu sangat terkesan dengan kondisi alam Pangalengan yang indah. Tapi potensi pariwisata di Pangelangan belum optimal. Ini juga terjadi di beberapa daerah di Jawa Barat yang memiliki potensi pariwisata luar biasa," kata Sudrajat dalam siaran pers yang diterima INILAH, Rabu (14/3/2018).

    Karena itu, lanjut dia, pembangunan infrastruktur di daerah-daerah tertinggal, khususnya bagian selatan Jawa Barat harus jadi prioritas agar kegiatan perekonomian di daerah-daerah tersebut dapat berjalan dengan lebih baik.

    Sudrajat mengungkapkan, rencana pembangunan infrastruktur yang telah dirancang pemerintahan sebelumnya akan terus dikebut jika terpilih nanti.

    Sehingga, ketersediaan infrastruktur sebagai salah satu faktor penunjang mampu mengembangkan potensi wisata di daerah. Percepatan pembangunan itu diyakini akan berdampak dan memiliki multiefek terhadap pertumbuhan ekonomi di daerah.

    “Sejahtera merupakan harapan semua masyarakat. Sejahtera tidak hanya untuk sebagian lapisan masyarakat, sejahtera tidak hanya pada suatu daerah tertentu, tapi sejahtera untuk semua," ujar dia.

    Dia menyebutkan, berdasarkan data kunjungan wisatawan di Jabar pada 2017 mencapai 46,3 juta orang dengan 1,3 juta diantaranya adalah wisatawan asing. Melihat dari data tersebut tentu memiliki potensi besar dalam menarik Pendapatan Asli Daerah (PAD) Jawa Barat dari sektor wisata. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT