• Headline

    Sejumlah Titik Jalur Mudik di Purwakarta Rawan Kecelakaan

    Oleh : Asep Mulyana16 Mei 2018 17:30
    fotografer: Inilah/Asep Mulyana
    Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Rizky Adi Saputro
    INILAH, Purwakarta - Sejumlah titik di jalur mudik yang masuk wilayah Kabupaten Purwakarta, rawan kecelakaan. Hal tersebut diketahui setelah polisi setempat memetakan situasi dan kondisi jalur yang akan digunakan untuk arus mudik dan balik lebaran 2018 ini.

    Kasat Lantas Polres Purwakarta AKP Rizky Adi Saputro mengatakan, beberapa waktu lalu jajarannya telah melakukan pemetaan di jalur mudik yang melintas di wilayah hukumnya. Salah satunya, pemetaan wilayah yang rawan kecelakaan.

    "Di wilayah kami, ada beberapa titik jalur yang rawan kecelakaan. Lokasinya, terdapat di jalur arteri, serta di ruas tol, baik itu di Cipularang maupun Cikopo-Palimanan (Cipali)," ujar Rizky kepada INILAH di Pospol Cikopo, Rabu (16/5/2018).

    Untuk jalur yang rawan kecelakaan di ruas Tol Cipularang sendiri, yakni dari mulai KM 80 sampai KM 100. Titik rawan ini, terdapat di dua lajur jalur bebas hambatan ini, baik dari arah Bandung-Jakarta maupun sebaliknya.

    Untuk titik rawan laka di jalur Tol Cipali, sambung dia, terdapat di KM 73 sampai KM 83 di kedua jalur. Tak hanya di ruas tol, titik rawan kecelakaan lalu lintas ini juga terdapat di jalur arteri dan jalan nasional.

    Di antaranya, sambung dia, terdapat di jalur Purwakarta-Bandung via Padalarang, jalur Sadang-Subang via Cibatu (jalur tengah) dan jalan nasional Sadang-Cikopo via Bungursari.

    Hasil pemetaan ini, kata dia, menilik dari intensitas kecelakaan yang selama ini kerap terjadi di titik-titik tersebut. Cukup beralasan, mengingat kondisi jalur di wilayah rawan kecelakaan ini memang cukup berbahaya. Yakni, banyak tanjakan terjal, turunan curam dam tikungan tajam.

    Terkait persiapan pengamanan saat pelaksanaan mudik lebaran nanti, tambah dia, sebenarnya tak akan berbeda jauh dari tahun-tahun sebelumnya. Meski begitu, pihaknya berharap dengan pemetaan ini segala hal yang tidak diinginkan bisa diantisipasi sejak dini.

    Rizky kembali menambahkan, tak hanya titik rawan kecelakaan, di wilayahnya juga terdapat beberapa titik rawan kemacetan yang harus diantisipasi.

    Untuk di dalam tol sendiri, salah satunya terdapat di sekitar rest area. "Makanya, kami juga siapkan pos pelayanan di lokasi-lokasi tersebut," pungkasnya. [gin]

    Tags :
    # #


    Berita TERKAIT