• Tantangan Jokowi Berat, Perlu Didampingi Sosok Kuat

    Oleh : Rianto Nurdiansyah11 Juli 2018 15:28
    INILAH, Bandung - Jokowi Widodo (Jokowi) akan menghadapi tantangan berat pada Pilpres 2019. Itu terjadi selama kampanye maupun setelah terpilih dan menjalankan roda pemerintahan periode ke-2.

    Hal tersebut disampaikan Ketua Umum Relawan Jodoh (Jokowi-Moeldoko Hebat), Irvan Pandapotan Purba di Jalan Surapati, Kota Bandung, Rabu (11/7/2018). "Kalau terpilih (jadi presiden) pun tantangannya berat, banyak gangguan," ujar Irvan.

    Karena itu, kata dia, perlu didampingi oleh sosok yang kuat sebagai wakil presiden. Irvan sampaikan, masyarakat menilai Moeldoko sangat tepat mendampingi Jokowi.

    Sebelumnya, dia melempar gagasan pasangan Jokowi-Moeldoko ke masyarakat. "Karena rekam jejaknya bersih, tidak terlibat kasus HAM, korupsi, hukum, immoral dan isu-isu murahan," katanya.

    Kata dia, dewasa ini muncul situasi ancaman perpecahan bangsa akibat dinamika politik. Sehingga Indonesia butuh pemimpin berlatar belakang militer seperti profil Moeldoko yang merupakan mantan Panglima TNI.

    "Moeldoko bisa berdiri di atas perbedaan, bisa masuk ke semua golongan karena seorang yang nasionalis. Sebagai seorang tentara pasti menjaga keutuhan NKRI dan bhineka tunggal ika," katanya seraya mengatakan bahwa yang bersangkutan juga berasal dari keluarga baik, di mana anak dan istrinya tidak terlibat bisnis yang memanfaatkan kedudukan atau jabatan suami/orang tuanya.

    Selain itu, dari sisi kapabilitas, Moeldoko punya reka pendidikan sempurna karena menjadi lulusan terbaik Akmil, seperti mantan presiden SBY.

    "Karakternya santun dan rendah hati. Selain itu dia juga kaya punya harta hingga Rp36 miliar karena menikah dengan putri pengusaha," bebernya.

    Hanya saja ada beberapa kekurangan yang dimiliki oleh Moeldoko. Di antaranya, minimnya promosi dan penggalangan, kurang membuka diri.

    "Tapi buka karena jaim, melainkan taat kepada aturan dan etika. Agum Gumelar pernah bilang, kekurangan Moeldoko hanya satu yakni kurang senyum," pungkasnya. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT