• Perumnas Dorong Peran Posyandu Agar Lebih Mandiri

    Oleh : Asep Mulyana13 Juli 2018 13:31
    INILAH, Purwakarta - Perusahaan Umum Pembangunan Perumahan Nasional (Perum Perumnas), meluncurkan program 'Posyandu Berdaya'. Dalam program ini, perusahaan BUMN itu turut menggandeng posyandu yang telah ada di setiap daerah.

    Manager Unit Khusus PKBL Perum Perumnas, Rini Isrofiyah menuturkan, Posyandu Berdaya ini, merupakan program peningkatan peran posyandu yang ada. Salah satunya, dengan memberikan pembinaan dan pelatihan bagi para kader posyandu agar lebih produktif.

    Dengan kata lain, dalam hal ini para kader tak hanya dituntut untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada warga, terutama untuk balita. Tapi juga, disiapkan menjadi wirausaha sosial. Sehingga, ke depan bisa tercipta posyandu mandiri.

    "Supaya, peran posyandu bisa lebih maksimal untuk melayani masyarakat," ujar Rini kepada INILAH, di sela-sela Grand Launching Posyandu Berdaya di Perum Bumi Gandasar, Desa Cigelam, Kecamatan Babakan Cikao, Kecamatan Purwakarta, Jumat (13/7/2018).

    Rini menjelaskan, salah satu pelatihan yang diberikan kepada para kader posyandu itu sendiri, yakni membuat bubur bayi sehat yang menunjang gizi dan nutrisi untuk anak dan balita.

    "Program ini bersinergi dengan program yang digulirkan pemerintah setempat. Dalam hal ini, kami hanya sebatas melakukan pendampingan dan pembinaan saja untuk para kader," jelas dia.

    Tak hanya pendapingan, kata dia, dalam program ini pihaknya pun turut menggulirkan program bantuan sosial lainnya. Yakni, pelayanan kesehatan bagi lansia, serta membantu pembangunan sarana pra sarana di posyandu tersebut.

    "Kita juga akan membangun toilet yang representatif di sekitar posyandu ini," kata dia.

    Rini kembali menuturkan, Perum Perumnas sebagai BUMN yang bergerak di bidang Perumahan dan Pemukiman Rakyat, memiliki tanggung jawab sosial untuk membantu meningkatkan kesejahteraan lingkungan masyarakat di wilayah sekitar usaha perusahaan.

    "Posyandu Berdaya itu sendiri, merupakan salah satu kegiatan yang ada dalam pos anggaran Program Kemitraan dan Bina Lingkungan (PKBL) di perusahaan kami," jelas dia.

    Program Posyandu Berdaya ini sebagai program Bina Lingkungan di bidang kesehatan yang sangat baik dilaksanakan karena dapat membantu pada masyarakat secara langsung. Misalnya, dalam hal membantu peningkatan gizi anak. Kemudian, melatih ibu-ibu untuk berwirausaha dengan menjual makanan bayi.

    "Dengan pelatihan ini, diharapkan bisa turut meningkatkan perekonomian masyarakat," tambah dia.

    Sementata itu, Ketua Posyandu Mawar 7, Perum Gandasari, Ratih Sutarno mengaku, pihaknya sangat terbantu dengan adanya program tersebut. Dia berharap, dengan program ini wawasan para kadernya bisa lebih bertambah untuk melayani masyarakat.

    "Posyandu kami sudah berdiri sejak 17 tahun lalu. Alhamdulillah, baru kali ini ada yang memperhatikan. Terima kasih Perumnas, sudah turut andil memperhatikan kami," ujarnya singkat.

    TAG :


    Berita TERKAIT