• Sukseskan Kirab Obor Asian Games, Pemkab Garut Gelontorkan Rp300 Juta

    Oleh : Nul Zainul Mukhtar13 Agustus 2018 18:57
    INILAH, Garut- Pemerintah Kabupaten Garut gelontorkan dana Rp300 juta guna menyukseskan Kirab Obor Asian Games 2108. Dana tersebut diambil pada pos biaya tak terduga (BTT) APBD Garut Tahun Anggaran (TA) 2018.

    Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Garut Kuswendi menuturkan penunjukkan Garut yang mendadak sebagai daerah dilintasi obor Asian Games menimbulkan persoalan penganggaran, seperti juga daerah lainnya. Meskipun hal tersebut dinilainya bentuk kepercayaan luar biasa dari Pemerintah Pusat.,

    "Pada rapat pertama dengan kementrian, saya juga kritisi. Kalau ada kegiatan dari Pusat akan dilewati, semestinya diberitahunya sebelumnya. Sehingga obor ini jadi masalah anggaran di mana-mana.. Tapi Alhamdulillah, pimpinan kita mengambil kebijakan dari BTT," ujarnya kepada wartawan.

    Dia menyebutkan dana dialokasikan untuk Kirab Obor Asian Games 2018 tersebut mencapai sebesar Rp300 juta. Tidak termasuk dari para sponsorship, atau dinas/instansi lain yang mengeluarkan biaya sendiri.

    Kuswendi menyebutkan alasan Garut ditunjuk sebagai daerah dilintasi obor karena Garut memiliki banyak obyek wisata, dan kesenian khas daerah. Garut juga dinilai berhasil waktu dilintasi api PON.

    Menurut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Garut Budi Gan Gan, Garut menjadi lintasan obor Asian Games sangat bermanfaat bagi masyarakat.

    "Dengan kegiatan itu maka nama Garut semakin diperhitungkan di tingkat nasional, bisa menggerakan ekonomi, memberi spirit kepada masyarakat untuk bangkit lebih maju lagi, dan mendukung atlet nasional untuk berprestasi," katanya, Senin (13/8/18).

    Dia pun menegaskan tak ada khusus di Disparbud untuk kegiatan Kirab Obor Asian Games itu.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT