• Headline

    PSU Kota Cirebon Digelar Pekan Depan

    Oleh : erika13 September 2018 17:01
    INILAH, Cirebon- Pemungutan suara ulang (PSU) di 24 tempat pemungutan suara (TPS) di Kota Cirebon diagendakan pertengahan pekan depan.

    Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU), Emirzal Hamdani mengatakan, PSU di 24 TPS di enam kelurahan yang tersebar di empat kecamatan se-Kota Cirebon diagendakan 19 September 2018 atau Rabu pekan depan. Di 24 TPS ini, tercatat daftar pemilih tetap (DPT) mencapai 8.515.

    "Kalau bisa lebih cepat, tak usah lambat-lambat. Tapi, kami masih harus koordinasikan dulu dengan KPU Provinsi Jawa Barat dan KPU RI," ungkapnya seusai rapat terkait PSU bersama Pemkot Cirebon, Polres, TNI, serta Bawaslu Kota Cirebon, di Balai Kota Cirebon, Kamis (13/9).

    Dia meyakinkan, KPU siap menggelar PSU. Termasuk kesiapan anggaran yang berasal dari dana hibah Pemkot Cirebon. Untuk persiapan logistik, Kamis, KPU telah memesan surat suara kepada pihak rekanan pemenang tender sesuai kebutuhan.

    Mengacu pada DPT di 24 TPS yang menggelar PSU, ditambah surat suara cadangan 2,5% per TPS, KPU memerlukan total 8.738 surat suara. Dari jumlah itu, KPU Kota Cirebon saat ini masih memiliki 2 ribu surat suara cadangan dari pilkada Juli lalu.

    "Maka, kekurangan kami 6.738 surat suara dan sebanyak itulah yang kami pesan," cetusnya.

    Dalam kesempatan itu Emirzal mewanti-wanti, tak ada kampanye bagi kedua pasangan calon kepala daerah sebelum pelaksanaan PSU.

    Di sisi lain, dia mengatakan, tidak berlaku libur secara umum saat PSU dilaksanakan. Hanya, KPU akan menyiapkan surat permintaan izin menggunakan hak pilih bagi warga di 24 TPS.


    TAG :


    Berita TERKAIT