• Headline

    Paslon Oke Tolak PSU di Hari Kerja

    Oleh : erika16 September 2018 15:35
    INILAH, Cirebon- Pasangan calon (paslon) wali kota-wakil wali kota Cirebon, Bamunas Setiawan Boediman/Oki-Effendi Edo (Oke), menolak pemungutan suara ulang (PSU) pada hari kerja.

    Penolakan itu disampaikan tim kuasa hukum paslon Oke, yang mendesak penyelenggara pemilu, dalam hal ini KPU Kota Cirebon, untuk menggelar PSU pada hari libur. PSU pada hari kerja dikhawatirkan bakal tak maksimal.

    "Harapan kami, PSU di hari libur, kalau hari kerja khawatir tak maksimal. Makanya, kami tolak PSU di hari kerja," ungkap salah satu kuasa hukum paslon Oke dari firma hukum Ihza & Ihza Law Firm, Rozy Fahmi, saat konferensi pers di Kota Cirebon.

    Pihaknya pun menuntut KPU menyiapkan PSU sebaik-baiknya, demi menghindari kesalahan yang dapat berujung pada proses hukum seperti yang sebelum ini menimpa lembaga penyelenggara pemilu itu.

    KPU didesak melaksanakan PSU secara profesional, jujur, dan adil. "Hasil PSU kelak akan dilaporkan ke Mahkamah Konstitusi (MK)," katanya mengingatkan.

    Fahmi menyatakan, pembukaan kotak suara di 24 TPS di enam kelurahan yang tersebar di empat kecamatan se-Kota Cirebon, dinilai MK sebagai pelanggaran prosedur. MK menilai pembukaan kotak suara itu mempengaruhi perolehan suara dalam Pemilihan Wali Kota-Wakil Wali Kota Cirebon yang digelar 27 Juni 2018.

    "Atas pelanggaran itu, MK menyampaikan, KPU Kota Cirebon tak kompeten dan tak kredibel sehingga berefek pada kualitas pemilu," cetusnya yang didampingi rekannya, Moch Iqbal.

    Senada, kuasa hukum Paslon Oke lainnya yang menangani sengketa Pilkada Kota Cirebon di Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP), Radiansyam, mengingatkan KPU tak memaksakan diri menggelar PSU pada hari kerja.

    Sebagaimana putusan MK pada 12 September 2018, KPU diberi waktu selambat-lambatnya 30 hari untuk melaksanakan PSU.

    "Jadi waktunya masih panjang. Kami minta KPU persiapkan sebaik-baiknya," ujar Radiansyam.

    Dia pun menyesalkan beredarnya informasi di media massa yang menyebut KPU Kota Cirebon telah mengagendakan PSU pada 19 September 2018. Radiansyam meyakinkan, hingga kini pihaknya belum menerima pemberitahuan apapun terkait PSU dari KPU.

    "Kami malah belum tahu jadwalnya dan tak pernah dilibatkan. Kami minta penjelasan KPU soal ini," ungkapnya.


    TAG :


    Berita TERKAIT