• Di Laos, Bupati Garut Promosikan Agrovulkanik Garut

    Oleh : Nul Zainul Mukhtar24 September 2018 16:04
    fotografer: INILAH/Zainulmukhtar
    INILAH, Garut - Bupati Garut Rudy Gunawan mengatakan dirinya berangkat ke Negara Laos karena diundang Kementerian Luar Negeri (Kemenlu), dan Kementerian Pariwisata (Kemenpar) untuk mempromosikan potensi wisata daerah dan produk unggulannya. Selain Kabupaten Garut, turut diundang tujuh kabupaten lainnya.

    “Untuk Garut sendiri, kita mempromosikan wisata agrovulkanik,” kata Bupati Rudy kepada wartawan usai memimpin Apel Gabungan di Lapang Apel Setda Garut, Senin (24/9/18)

    Menurutnya, dalam pertemuan di Laos itu, setiap daerah yang diundang diharuskan membuat perencanaan bila transportasi kereta api (KA) dari Cina ke Singapura melintasi Laos berjalan. Hal itu dinilai akan berdampak baik bagi potensi wisata Indonesia. Termasuk potensi wisata Kabupaten Garut yang direkomendasikan selain Bandung berkenaan hal tersebut.

    Rudy bahkan mengklaim salah satu negara bagian Cina berminat menjali kerjasama langsung dengan Kabupaten Garut sebagai kota kembar (sister ciry). “Mereka sudah ke Provinsi Jabar. Ada suratnya juga di saya,”ujarnya.

    Berkenaan banyaknya pejabat Pemkab Garut dibawaserta ke Laos, kata Rudy, hal itu dilakukan supaya mereka memunyai wawasan berhubungan lintas kementerian.

    “Kebetulan dapat ijin dari Menlu. Kita pergi ke sana juga hanya satu hari. Long weekend-nya Sabtu-Minggu. Kita berangkat ke sana. Ada beberapa biaya tidak menggunakan DPA. Saya ajak mereka,” kata Rudy.

    Sebelumnya, sebuah potongan video berisikan pernyataan Rudy mengenai keberadaannya di Laos sempat beredar di grup WA.

    Didampingi Inspektur Kabupaten Garut Widiana, Kepala Disparbud Budi Gan Gan, dan Sekretaris Bappeda Agus Ismail, Bupati Rudy menyatakan pihaknya berada di Laos mempromosikan destinasi wisata terbaru di Garut, dan mengedepankan agrovulkanik. Sejumlah produk kuliner Garut juga ditawarkan kepada beberapa wisatawan mancanegara.

    “Kemarin, kami sudah mengadakan ekspose di Crwon Plaza di Vientenne Laos, dan sekarang kita menggelar pameran produk Indonesia. Di antaranya dari Garut, dikoordinasi Kemenpar, dan Kemenlu,” ujarnya. [gin]

    TAG :


    Berita TERKAIT