• Headline

    CCTV di Tiga Sungai Diresmikan

    Oleh : redaksi14 Oktober 2018 08:51
    INILAH, Bekasi - Staf Khusus Presiden RI, Diaz Hendropriyono, meresmikan operasional empat unit kamera pengawas atau CCTV di empat titik pantau Tinggi Muka Air (TMA) sungai Cileungsi, sungai Cikeas, dan Kali Bekasi.

    "CCTV ini menjadi salah satu 'early warning system' ancaman banjir yang dibangun Komunitas Peduli Sungai Cileungsi-Cikeas (KP2C) bekerja sama melalui dana pertanggungjawaban sosial perusahaan (CSR) PT Profesional Telekomunikasi Indonesia (Protelindo)," katanya.

    Diaz berharap kehadiran CCTV tersebut dapat lebih memudahkan warga memantau dan mendapatkan informasi 'real time' yang valid tentang TMA di tiga sungai tersebut.

    CCTV ini akan dioperasikan dan dirawat langsung oleh pengurus KP2C selama operasionalnya di lapangan.

    Wahyu Baskoro perwakilan dari Protelindo mengatakan, keempat CCTV itu beroperasi real time namun dapat dioperasikan sesuai kebutuhan, menampilkan kondisi real TMA pada alat ukur yang berada di area sungai, ditampilkan dalam bentuk video.

    "Melalui tayangan video, kondisi lapangan dapat diketahui, termasuk kecepatan aliran air. Namun yang bisa mengakses terbatas hanya beberapa orang. Untuk itu, member KP2C yang mencapai 6.000 orang lebih akan menerima informasi CCTV melalui pengurus KP2C," ujar Wahyu.

    Kehadiran CCTV ini akan melengkapi informasi tentang TMA Cileungsi, Cikeas dan Kali Bekasi yang selama ini diterima KP2C melalui petugas pantau KP2C di titik pantau Cileungsi, Cikeas, P2C (Pertemuan Cileungsi-Cikeas) dan Cibongas secara manual dan e-buffer secara digital.


    TAG :


    Berita TERKAIT