• Headline

    Efek Gunakan Gadget Berlebihan pada Anak Remaja

    Oleh : Jaka Permana27 Januari 2018 08:24
    smartphone dan tablet, semakin tumbuh kalangan anak jaman now.

    Generasi masa depan menunjukkan arti sebenarnya menjadi sekelompok berteknologi maju dan digital progresif. Bahkan mereka tidak menyadari, ternyata penggunaan gadget sangat mempengaruhi kesehatan.

    Sementara studi sebelumnya telah menghubungkan penggunaan berlebihan telepon genggam di kalangan remaja dapat mempengaruhi gangguan tidur, kurang tidur dan kecenderungan bunuh diri. Hal ini sangat membuat remaja tidak bahagia.

    Mengutip dari zeenews, Jumat (26/01/2018), menurut penelitian, remaja yang terbiasa terpaku pada smartphone mereka lebih cenderung menjadi ragawi daripada rekan-rekan mereka.

    Para peneliti dari University of Georgia di AS menganalisis data dari survei lebih dari satu juta U.S. remaja. Survei meminta siswa pertanyaan tentang seberapa sering mereka menghabiskan waktu pada ponsel mereka, tablet dan komputer, serta pertanyaan tentang interaksi sosial mereka dan kebahagiaan mereka secara keseluruhan.

    Rata-rata, mereka menemukan bahwa remaja yang menghabiskan lebih banyak waktu di depan layar permainan komputer, menggunakan media sosial, texting dan video chatting, kurang bahagia dibandingkan mereka yang berinvestasi lebih banyak waktu di layar bebas seperti olahraga, membaca Surat Kabar dan majalah, dan interaksi sosial tatap muka. Para peneliti percaya ini menyebabkan ketidakbahagiaan daripada sebaliknya.

    "Meskipun studi ini tidak menunjukkan penyebab, beberapa penelitian lain menunjukkan bahwa penggunaan media sosial lebih mengarah pada ketidakbahagiaan, tetapi ketidakbahagiaan tidak mengakibatkan penggunaan media sosial lebih," kata Jean M Twenge, seorang profesor di San Diego State University di Amerika Serikat.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT