• Headline

    Dipangtan Imbau Petugas Perhatikan Pengemasan Daging Kurban

    Oleh : Asep Pupu Saeful Bahri14 Agustus 2018 13:22
    fotografer: Ilustrasi
    INILAH, Bandung - Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung mengimbau para petugas yang mengurus hewan kurban saat Hari Raya Idul Adha nanti agar memperhatikan pengemasan daging sebelum akhirnya dibagikan kepada masyarakat.

    Kepala Dispangtan Kota Bandung, Elly Wasliah menyerukan kepada masyarakat agar daging hewan kurban jangan langsung dimasukan pada plastik berwarna. Sebab, plastik tersebut mengandung zat berbahaya yang bisa langsung menempel pada daging.

    "Karena daging itu bisa langsung nempel di kreseknya, kalau berwarna itu jelas daur ulang, jadi sudah ada edaran dari BPOM mengenai penggunaan kresek berwarna itu berbahaya karena mengandung karsiogenik," kata Elly di Plaza Balai Kota, Jalan Wastukencana, Bandung, Selasa (14/8/2018).

    Apapun bentuknya, Elly mengingatkan selama kantong plastik tersebut berwarna maka bisa mengancam kesehatan. "Kaya yang warna hitam itu kan dikhawatirkan, jadi diharapkan menggunakan di plastik transparan," tambahnya.

    Selain memakai plastik transparan, Elly menyarankan sebaiknya daging juga dikemas memakai daun terlebih dahulu sebelum dimasukan dalam kantong plastik berwarna. Hal ini dilakukan agar menghindarkan kontak langsung antara daging dengan plastik berwarna.

    Elly mengingatkan pengemasan daging hewan kurban ini jangan dianggap hal sepele, lantaran menurutnya masih banyak masyarakat yang tidak memperhatikan soal cara pengemasan daging ini. "Jadi sebelum dipakai kresek berwarna dibungkus dulu agar tidak terkena bakteri," tandasnya.[jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT