• BPOM Luruskan Sentimen Salah Soal Susu Kental Manis

    Oleh : redaksi30 Agustus 2018 12:56
    INILAH, Bandung- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) telah memastikan bahwa pada produk susu kental manis memiliki kandungan susu di dalamnya.

    Pihak Kepala BPOM Penny K Lukito telah membenarkan sentimen negatif tersebut, yang telah beredar beberapa bulan kebelakang. Masyarakat Indonesia pun juga telah mengetahui bahwa susu kental manis merupakan salah satu produk susu berupa cairan kental yang dibuat dari susu dan kemudian dikentalkan dengan cara dikeluarkan air (susu) nya kemudian ditambah kangula sebagai pengawet alami.

    Tentu saja hal inimembuat lemak yang terdapat dalam susu telah terkontaminasi karena adanya campuran dari gula. Mengapa BPOM meluruskan sentimen yang salah tentang susu kental manis? Karena produk susu di Indonesia yang satu ini pun diatur langsung oleh BPOM untuk mengatur kandungan gula dan lemak yang ada pada produk susu kental manis sehingga membuatnya masih bisa disebut dalam kategori susu. Selain itu, masyarakat Indonesia pun juga perlu mengetahuinya, gula yang terdapat pada susu kental manis pun berfungsi untuk mencegah kerusakan produk.

    MenurutKetuaGabunganPengusahaMakanandanMinuman Indonesia, Adhi S. Lukman mengatakan produsen susu kental telah sepakat untuk mengikuti aturan main dari BPOM. Tapi, ia juga meminta konsumen tidak ikut termakan isu.

    Menurut Adhi, produk susu kental manis 100 persen aman dikonsumsi dan hanya salah soal penggunaannya saja. "Mohon jadi konsumen yang cerdas," ujarnya.

    Susu kental manis baik dikonsumsi oleh anak-anak yang berusia 6 Tahun keatas. Karena, susu kental manis pun masih mengandung susu, meskipun kandungan asupan gizi yang berada pada susu kental manis tak sebanyak yang berada dalam jenis susu lainnya.

    Adapun tujuan BPOM mengeluarkan surat edaran mengenai berita terkait, dikarenakan banyak dari masyarakat Indonesia yang selama ini masih beranggapan kalau produk susu kental manis ini bisa digunakan sebagai pengganti susu untuk anak-anak demi mencukupi kebutuhan asupan gizi dan nutrisi Si Anak.

    Hal ini pun juga telah menggegerkan sebagian besar masyarakat Indonesia dengan kabar miring tersebut. Untuk susu yang cocok diberikan pada anak-anak ataupun balita, dapat di sesuaikan dengan umur yang tertera pada label susu. [jek]

    TAG :


    Berita TERKAIT