• Senin, 6 Desember 2021

Apeksi Bakal Sosialisasikan Inpres Ketenagakerjaan

- Jumat, 9 April 2021 | 18:00 WIB
Foto: Rizki Mauludi
Foto: Rizki Mauludi

INILAH, Bogor - Ketua Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) Bima Arya Sugiarto menyambut baik disahkannya Inpres Nomor 2/2021 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan.

Menurutnya, Inpres ini berkomitmen sangat kuat untuk melindungi tenaga kerja, baik formal, nonformal, rentan hingga pegawai pemerintah non-ASN. 

"Ada beberapa hal yang akan kami lakukan, salah satunya mensosialisasikan substansi Inpres ke seluruh anggota, karena ini merupakan landasan bagi kami," kata Wali Kota Bogor itu, Jumat (9/4/2021).

Bima melanjutkan, dirinya bakal melakukan perencanaan penganggaran, melakukan komunikasi dengan para stakeholder agar pola jaminan ini bisa diterapkan tidak hanya mengandalkan APBD, termasuk mensosialisasikan ke masyarakat luas terutama segmen pekerja. Sementara itu mengenai upaya mendorong kepesertaan khususnya pekerja rentan, Bima mengaku, sudah melakukan komunikasi dengan anggota DPRD Kota Bogor dalam menyusun Peraturan Daerah. 

"Saya sudah meminta untuk disusun regulasinya, kami sudah komunikasi dengan dewan agar segera disusun Perda, karena sudah ada Inpresnya. Semua akan kami lakukan, karena ini juga dalam rangka mengentaskan kemiskinan," tambahnya.

Sementara itu, Direktur Kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan Zainudin menjelaskan pihaknya tengah gencar melakukan sosialisasi, promosi dan edukasi kepada masyarakat luas terkait program ini serta manfaatnya bagi masyarakat. 

"Kami juga akan berkolaborasi dan menjaring partnership. Kami telah bertemu dengan ketua Apeksi Bima Arya Sugiarto. Karena kami tidak bisa sendiri, ada tiga pihak yang bakal kami gandeng yaitu pemerintah, pengusaha, dan teman-teman serikat pekerja," jelasnya. (Rizki Mauludi)

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Pandawa ICT Bogor Kirimkan Relawan ke Semeru

Senin, 6 Desember 2021 | 11:05 WIB

Karena Ini, Petani Coklat Menggugat Sentul City

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:30 WIB

Ridwan Kamil Ajak Bupati-Wali Kota Ramah Investasi

Selasa, 30 November 2021 | 22:15 WIB
X