• Jumat, 3 Desember 2021

Daging Sapi Beku Dijamin Berkualitas dan Halal, Diskanak Ajak Masyarakat Mengkonsumsi

- Selasa, 4 Mei 2021 | 15:50 WIB
Foto: Reza Zurifwan
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor- Dinas Perikanan dan Peternakan (Diskanak) Kabupaten Bogor menghimbau atau mengajak masyarakat untuk tidak ragu membeli dan mengkonsumsi daging sapi beku.

Selain karena harga yang lebih murah dibanding harga daging sapi segar dan juga terjamin kualitas maupun kehalalannya, kondisi daging sapi beku lebih higienis  karena setelah dipotong daging sapi beku tersebut langsung dipacking dengan plastik.

"Daging sapi beku itu terjamin kualitas, dipastikan kehalalannya, lebih higienis dan lebih murah dibandingkan daging sapi segar. Oleh karena itu masyarakat jangan ragu membeli dan mengkonsumsi daging sapi beku," ucap Kepala Diskanak Kabupaten Bogor Oetje Soebagdja kepada wartawan, Selasa, (4/5).

Mantan Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) ini menerangkan bahwa setelah sapinya dipotong, daging sapi tersebut tersebut langsung dipacking dengan plastik dan dibekukan hingga tahan lama selama enam bulan. 

"Daging sapi beku ini import dari negara-negara maju seperti Spanyol, Australia dan lainnya, dimana peternakan sapinya sudah disetujui dan dijamin kesehatan maupun kelayakannya oleh Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan dan Majelis Ulama Indonesia," terangnya.

Kabid Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kesmavet) Diskanak Kabupaten Bogor Prihartini menjelaskan harga daging sapi lebih murah dibanding harga daging sapi segar karena biaya produksinya yang lebih efesien.

"Di Spanyol, Australia dan negara pengimport sapi lainnya karena biaya produksi peternakan sapinya yang lebih efesien serta tidak ada retribusi pemotongan hewan seperti di rumah pemotongan hewan (RTH), hingga harga jual daging sapi bekunya lebih murah," jelas Prihartini.

Wanita asli Kota Semarang ini menambahkan untuk harga daging sapi beku asal Spanyol, dijual pemerintah dalam pasar murah ramadhan dan dalan gelar pangan murah dengan harga Rp 80 ribu perkilogramnya.

"Harga daging sapi beku asal Spanyol Rp 80 ribu perkilogram, harga daging sapi beku asal Australia Rp 95 ribu dan harga daging kerbau India Rp 85 ribu. Lebih murah harga daging sapi beku asal Spanyol karena jenis sapinya yang berbeda selain memang lebih efesien produksi peternakannya," tambahnya. (Reza Zurifwan)
 

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Karena Ini, Petani Coklat Menggugat Sentul City

Rabu, 1 Desember 2021 | 21:30 WIB

Ridwan Kamil Ajak Bupati-Wali Kota Ramah Investasi

Selasa, 30 November 2021 | 22:15 WIB
X