• Selasa, 5 Juli 2022

Kades Penerima Program Sami Sade akan Jalani Bimtek

- Senin, 17 Mei 2021 | 15:50 WIB
Foto: Reza Zurifwan
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Jelang pencairan anggaran satu miliar satu desa (Sami Sade), Bupati Bogor Ade Yasin meminta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) dan jajaran lainnya membimbing kepala desa.

"Saya minta DPMD, Inspektorat, Dinas Pengelolaan Keuangan Daerah (DPKAD) dan Asisten Pemerintahan membimbing teknis kepala desa yang akan segera menerima anggaran Sami Sade," ucap Bupati Bogor Ade Yasin, Senin (17/5/2021).

Dia menerangkan, mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga laporan pertanggungjawaban harus diawasi ketat oleh Asisten Pemerintaha, Inspektorat, DPKAD dan DPMD.

"Setelah dibimbing teknik (Bimtek), kita harus awasi secara ketat mulai dari perencanaan, pencairan, pelaksanaan hingga laporan pertanggungjawaban. Bimbingan teknik ini tak perlu biaya seperti yang kami lakukan sebelumnya di program bantuan hibah pembangunan masjid dan bantuan hibah lainnya," terangnya.

Ade menjelaskan agar tidak melanggar protokol kesejatan (Prokes) Covid 19, maka pelaksanaan Bimtek Sami Sade kepada kepala desa dab bahkan Camat maka harus dilakukan secara bertahap.

"Selain kepala desa (Kades), Camat saya minta juga ikuti Bimtek Sami Sade. Hal itu karena saya ingin para Camat paham apa tujuan peogram Sami Sade dalam membangun dari desa," jelas Ade.

Ketua DPW PPP Jawa Barat itu melanjutkan,  Sami Sade ialah program bantuan keuangan untuk membangun proyek-proyek insfrastruktur atau meningkatkan integritasi dan koneksitivitas serta meningkatkan kualitas insfrastruktur di desa-desa.

"Tahun 2021 ini Pemkab Bogor sudah menganggarkan Rp311,8 miliar untuk membangun jalan ataupun jembatan di 349 desa, 38 kecamatan dan 532 titik. Program Sami Sade ini sudah ditunggu demi meningkatkan ekonomi masyarakat desa, karena dengan mulusnya jalan maka akses  menuju objek pariwisata, sentra pertanian, sentra perekonomuan lainnya maka jalur distribusi pun tidak lagi menjadi hambatan," lanjutnya. 

Adik dari mantan Bupati Bogor Rahmat Yasin ini memaparkan program Sami Sade selain meningkatkan insfrastruktur juga berfungsi untuk mengurangi angka pengangguran, memupuk kesetiakawanan maupun efek positif lainnya.

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Pemkot Dukung Festival Radio Bogor 2022

Senin, 4 Juli 2022 | 21:20 WIB
X