• Minggu, 26 September 2021

BOR Menurun, Kenapa Penyebaran Wabah Meningkat?

- Minggu, 18 Juli 2021 | 20:00 WIB
Dokumentasi (reza zurifwan)
Dokumentasi (reza zurifwan)

INILAH, Bogor - Tingkat bed occupantion rate (BOR) Pusat Isolasi Covid-19 di Kecamatan Kemang dan Megamendung, Kabupaten Bogor, cenderung menurun jika dibandingkan pada Juni lalu.

Penurunan itu bukan karena menurunnya angka penyebaran wabah Covid-19, namun karena masih banyak masyarakat yang memilih isolasi mandiri (isoman).

"Keterisian BOR Pusat Isolasi Covid 19 di Kecamatan Kemang pada Juni lalu mencapai 84 persen, saat ini keterisiannya turun menjadi  75 persen. Penurunan ini karena kurang sadarnya masyarakat untuk dirawat di Pusat Isolasi Covid-19 dan lebih memilih isoman di rumah," ucap Kabid Sumber Daya Kesehatan, Dinas Kesehatan Kabupaten Bogor, Ani Bersari kepada wartawan, Minggu (18/7/2021).

Ani Bersari menerangkan, banyak pasien Covid-19 yang menjalani isoman, berisiko meningkatkan penyebaran wabah. Apalagi, banyak pasien Covid-19 yang  tidak melapor ke Puskesmas setempat.

"Meningkatnya penyebaran wabah Covid-19 ini karena banyak warga yang tidak melapor dan dalam menjalani isoman kurang disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan (prokes). Kami mengimbau agar pasien Covid-19 yang bergejala harap dirawat di Pusat Isolasi Covid-19 ataupun rumah sakit. Saat ini, sudah banyak yang meninggal dunia saat menjalani isoman," terangnya.

Dia menambahkan, tidak ada kasus meninggal dunia  pasien Covid-19 yang dirawat di Pusat Isolasi Covid-19 di Kecamatan Kemang maupun di Kecamatan Megamendung.

"Umumnya mereka tanpa gejala (OTG) dan masih usia produktif dan jika kesehatan mereka memburuk langsung dirujuk ke rumah sakit hingga jiwanya tertolong," tuturnya.

Ia menjelaskan bahwa saat ini kebutuhan obat-obatan maupun vitamin di Pusat Isolasi Covid-19, baik di Kecamatan Kemang maupun Megamendung masih cukup.

"Kebutuhan obat-obatan dan vitamin hingga akhir Bulan Julu masih cukup, namun kami sedang memohon ketersediaan obat, vitamin, dan biaya operasional untuk bulan Agustus dan September," pungkasnya. (reza zurifwan)

Halaman:

Editor: suroprapanca

Terkini

Kota Bogor Revisi Target Vaksin, Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 18:00 WIB

Pemkot Bogor Segera Buka Tempat Wisata, Ini Pesan Bima

Kamis, 23 September 2021 | 17:27 WIB
X