• Senin, 27 September 2021

Disdik Kota Bogor Jamin Pendidikan Zulfan dan Zahira Hingga SMA

- Senin, 26 Juli 2021 | 16:20 WIB
istimewa
istimewa

INILAH, Bogor - Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Bogor siap mengawal pendidikan Zulfan dan Zahira. Dua anak warga Abesin, Kelurahan Cibogor, Kecamatan Bogor Tengah itu baru saja kehilangan ibunda tercinta sebagai tulang punggung keluarga. 

Keduanya juga sudah dikunjungi Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pada Sabtu (24/7/2021) lalu dan mereka diberikan dua paket sembako dari posko logistik Satgas Penanganan Covid-19 Kota Bogor.

Kepala Disdik Kota Bogor Hanafi mengatakan, Bima mengarahkan pihaknya agar menjamin sekolah dari Zulfan dan Zahira. Zulfan naik kelas IX, kemudian adiknya baru masuk ke kelas VII baru masuk SMP.

"Saat ini Zulfan kelas 9D di SMP Negeri 2 Kota Bogor, pemerintah menanggung semua urusan sekolahnya. Seragam, buku atau kemungkinan pulsa yang akan ditanggung oleh Disdik Kota Bogor. Kalau waktunya jam makan, ya makannya disekolah ditanggung juga," ungkap Hanafi kepada INILAH, Senin (26/7/2021).

Hanafi melanjutkan, menindaklanjuti yang disampaikan Wali Kota Bogor, Zulfan sudah ada intervensi sekolah. Yang bungsu masuk SMP. Sementara itu anak pertama almarhumah Ahdiyati perempuan sudah nikah, adik-adiknya semua di SMP Negeri 2 Kota Bogor. Dua-duanya ditanggung oleh Pemkot Bogor, jangan sampai sekolah terganggu dengan ketiadaan biaya, baik pulsa atau kuota, seragam maupun buku. 

"Saya yakin sekolah juga ada dana infak, teman-teman di sekolah menginfakkan dikumpulkan, ada juga donatur orang tua. Ini untuk membantu murid yang kurang mampu. Untuk masuk SMA nanti dikawal, entah melalui jalur Afirmasi ataupun jalur zonasi, tergantung nanti," tuturnya.

Hanafi menjelaskan, pihaknya akan mengoordinasikan dengan Kantor Cabang Dinas (KCD) provinsi Jawa Barat, karena SMA kewenangan mereka. Tapi yang utama mereka tetap sekolah, jangan sampai karena kondisi sulit mereka tidak bisa bersekolah. Tapi ini tidak bisa hanya oleh sekolah dan pemerintah, kepedulian warga dan masyarakat. 

"Sekitar Abesin mudah-mudahan bisa banyak membantu mereka. Diharapkan mereka berprestasi dan mendapatkan beasiswa ditingkat yang lebih tinggi. Prestasi belum terpantau, tetapi yang jelas Zulfan sudah naik kelas, nilainya nanti dilihat. Yang terpenting Saat ini sekolah, jangan sampai kondisi orang tua yang tidak ada anak ini putus sekolah. Mereka masih usia sekolah, jangan sampai mereka berhenti sekolah karena bekerja memenuhi kebutuhan ekonomi," jelasnya.

Sementara itu, Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto mengatakan, trio Z yaitu Zulfa, Zulfan dan Zahira baru saja tujuh hari kehilangan ibunda tercinta almarhumah Ahdiyati setelah terpapar Covid-19. Ayahnya sudah tujuh tahun berpisah dengan ibunya, tapi ketiganya tetap tabah dan tegar. 

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Kota Bogor Revisi Target Vaksin, Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 18:00 WIB

Pemkot Bogor Segera Buka Tempat Wisata, Ini Pesan Bima

Kamis, 23 September 2021 | 17:27 WIB
X