• Senin, 27 September 2021

KIS-PBI Tidak Aktif, Dewan Ini Sebut Dinsos Tidak Peka 

- Jumat, 30 Juli 2021 | 15:15 WIB
Anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PDI Perjuangan, Atty Somaddikarya. (Rizki Mauludi)
Anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PDI Perjuangan, Atty Somaddikarya. (Rizki Mauludi)

INILAH, Bogor - Fasilitas Kartu Indonesia Sehat - Penerima Bantuan Iuran (KIS - PBI) yang diberikan pemerintah nyatanya tidak dapat dinikmati sepenuhnya oleh masyarakat. Salah satunya dialami Nuryati warga Babakan Pasar, Kecamatan Bogor Tengah.

Nuryati memiliki KIS-PBI tetapi tidak bisa merasakan jaminan kesehatan tersebut, karena kartu KIS - PBI yang dimilikinya dalam status tidak aktif. 

"Kartunya (KIS-PBI) tidak aktif, saya diarahkan ke kantor BPJS, pas sudah sampai sana hanya melayani yang mandiri, saya ke kelurahan lagi, kemudian dikasih link buat cek status, tapi pelayanan BPJS khususnya PBI sedang mengalami gangguan," ungkap Nuryati kepada wartawan pada Jum'at (30/7/2021).

Nuryati melanjutkan, dirinya yang tengah hamil lima bulan mengaku khawatir dengan kondisi seperti ini. 

"Saya takut pas saya mau persalinan, kartu KISnya belum aktif sementara sistemnya belum selesai diperbaiki. Jadi saya mau urus-urus ini dari awal biar ga ribet nantinya," terangnya.

Nuryati menerangkan, di usianya yang menginjak 41 tahun sangat rentan menghadapi proses persalinan. 

"Ya, saya yang udah 40an rentan untuk melahirkan normal, jadi kalau caesar saya ngga terlalu bingung soal biaya karena KIS-PBI nya aktif," tuturnya.

Menanggapi hal tersebut, anggota DPRD Kota Bogor dari Fraksi PDI Perjuangan, Atty Somaddikarya mengaku kesal dengan lemahnya pelayanan di bidang kesehatan. 

"Ini sangat merugikan masyarakat, saat akan digunakan yang sifatnya darurat, kartu KIS-PBI nya malah tidak aktif. Kalaupun aplikasinya diganti, kenapa tidak disosialisasikan?," terangnya.

Halaman:

Editor: Bsafaat

Tags

Terkini

Kota Bogor Revisi Target Vaksin, Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 18:00 WIB

Pemkot Bogor Segera Buka Tempat Wisata, Ini Pesan Bima

Kamis, 23 September 2021 | 17:27 WIB
X