• Jumat, 24 September 2021

Dinas PUPR Minta Tambahan Dana untuk Proyek Peningkatan Jalan Bomang

- Senin, 2 Agustus 2021 | 16:50 WIB
Foto: Reza Zurifwan
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Kemang - Rencana pembiayaan peningkatan Jalan Raya Bojonggede-Kemang (Bomang) dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Bogor akan ditingkatkan.

Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bogor yang awalnya menganggarkan Rp30 miliar untuk peningkatan Jalan Raya Bomang  dan pembangunan tanggul penahan tanah atau turap, maka di semester kedua tahun ini melalui refocusing APBD meningkatkan anggarannya hingga Rp130 miliar.

"Dinas PUPR saat ini dalam refocusing APBD parsial tahun ini berencana meminta peningkatan anggaran untuk proyek peningkatan Jalan Raya Boman sebesar Rp130 miliar," ujar Kepala Dinas PUPR Kabupaten Bogor Raden Soebiantoro kepada wartawan, Senin (2/8/2021).

Dia menerangkan, dengan besar anggaran sebesar Rp130 miliar, jajarannya akan menerapkan kontrak tahun jamak atau multiyears.

"Dengan besar anggaran sebesar Rp130 miliar maka tidak bisa diselesaikan hingga akhir 2021. Oleh karena itu, kami menerapkan kontrak tahun jamak atau multiyears untuk menuntaskan peningkatan Jalan Raya Bomang ini. Pemkab Bogor membutuhkan dana sebesar Rp1,6 triliun dan pihaknya sudah mengajukan bantuan dana alokasi khusus (DAK) ke pemerintah pusat maupun Pemprov Jabar," terangnya.

Sementara itu, Anggota Komisi III DPRD Kabupaten Bogor Andi Permana menuturkan kemungkinan besar Dinas PUPR akan mendapatkan tambahan Rp40 miliar untuk proyek peningkatan Jalan Raya Bomang dan pembangunan tanggul penahan tanah atau turapnya.

"Saat ini anggaran proyek peningkatan Jalan Raya Bomang Rp30 miliar, kemungkinan minimal mereka hanya mendapatkan tambahan Rp40 miliar hingga total anggarannya Rp70 miliar. Dana Rp40 miliar tersebut didapat dari dibatalkannya proyek rehabilitasi Gedung Dinas Pendidikan Kabupaten Bogor," tutur Andi.

Politisi Partai Gerindra ini menjelaskan, proyek peningkatan Jalan Raya Bomang terbilang penting untuk mengurai kemacetan, memperpendek waktu tempuh dan mewujudkan pembangunan yang merata.

"Pembangunan Jalan Raya Bomang ini penting karena demi mengurai kemacetan lalu lintas di Jalan Soleh Iskandar Kota Bogor, memperpendek waktu tempuh rute Cibinong-Parung dan mewujudkan pembangunan yang merata di Bumi Tegar Beriman. Kalau masih ada anggaran yang belum terlalu penting, seperti pengadaan laptop maupun digital class room, saya setuju saja apabila anggarannya digeser ke Dinas PUPR," jelasnya. (Reza Zurifwan)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Kota Bogor Revisi Target Vaksin, Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 18:00 WIB

Pemkot Bogor Segera Buka Tempat Wisata, Ini Pesan Bima

Kamis, 23 September 2021 | 17:27 WIB
X