• Jumat, 24 September 2021

Kerap Ditimpa Longsor dan Banjir, BPBD Butuh Pihak Lain untuk Mitigasi Bencana

- Senin, 2 Agustus 2021 | 17:40 WIB
Foto: Reza Zurifwan
Foto: Reza Zurifwan

INILAH, Bogor - Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor Budi Pranowo mengatakan, bencana longsor di Kecamatan Cijeruk dan Sukaraja serta banjir di Kecamatan Bojonggede dan Cibinong diduga terjadi karena adanya alih fungsi lahan.

Selain itu, bencana alam pun terjadi karena rusaknya wilayah hulu dan buruknya drainase hingga volume air tidak tertampung drainase maupun sungai hingga air meluber ke jalan maupun pemukiman warga.

Dia menyebutkan, sebenarnya dampak dari bencana alam bisa diminimalisir jika ada mitigasi. Masyarakat awam diakuinya membutuhkan pengetahun dan mitigasi bencana yang mungkin terjadi di sekitarnya.

"Untuk mitigasi bencana, kita memerlukan bantuan pihak lain. Setidaknya, dinas atau instansi lain, masyarakat, perguruan tinggi, hingga media massa. Sebab, sesuai UU Nomor 24/2007 tentang penanggulangan bencana, kita ketahui bersama terkait mitigasi bencana itu bukan hanya tugas BPBD semata," katanya, Senin (2/8/2021).

Menurutnya, beberapa waktu lalu bencana longsor di Kampung Bantar Panjang RT 03/07 Desa Cibalung, Cijeruk menimpa rumah warga bernama Komarudin dengan tingkat kerusakan sedang itu karena rusaknya wilayah hulu. 

Selain itu, hujan deras selama beberapa hari di akhir Juli hingga awal Agustus juga berakibat ambruknya tanggul penahan tanah atau turap di Desa Cilebut Timur, Sukaraja. Buruknya drainase menyebabkan turap di Desa Cilebut Timur ambruk. Akibatnya, rumah milik warga bernama Puja Mawardi mengalami kerusakan tingkat sedang.

"Beruntung, dari bencana tanah longsor ini hanya menyebabkan kerugian materil dan tidak ada korban luka, apalagi jiwa," tambahnya.

Untuk bencana banjir di Kelurahan Pakansari dan Desa Rawa Panjang, Budi menuturkan diakibatkan alih fungsi lahan hingga mempersempit kemampuan serapan air di wilayah tersebut.

"Desa Rawa Panjang dulunya kan rawa, lalu di Kelurahan Pakansari dulunya adalah kebun karet yang saat ini beralih fungsi menjadi wilayah pemukiman hingga mempersempit kemampuan serapan air," ujarnya. (Reza Zurifwan)

Halaman:

Editor: donramdhani

Tags

Terkini

Kota Bogor Revisi Target Vaksin, Ini Penyebabnya

Kamis, 23 September 2021 | 18:00 WIB

Pemkot Bogor Segera Buka Tempat Wisata, Ini Pesan Bima

Kamis, 23 September 2021 | 17:27 WIB
X